Jakarta (ANTARA/JACX)- Sejumlah berita unggulan terkini yang menarik untuk disimak, mulai dari ilmuwan identifikasi keberadaan 75 sesar aktif di Pulau Jawa, hingga Menhub imbau masyarakat mudik Lebaran dengan transportasi massal. Berikut ini rangkuman beritanya.

1. lmuwan identifikasi keberadaan 75 sesar aktif di Pulau Jawa

Para ilmuwan geologi mengidentifikasi 75 sesar aktif di sepanjang Pulau Jawa yang berpotensi kembali menimbulkan guncangan gempa bumi di masa mendatang. Simak lengkapnya di sini.

2. Menhub imbau masyarakat mudik Lebaran dengan transportasi massal

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman selama libur Lebaran Idul Fitri 2024 M/1445 Hijriah agar menggunakan kendaraan transportasi massal. Imbauan ini dilakukan demi mencegah kecelakaan lalu lintas. Simak lengkapnya di sini.

3. Jasa Marga tiadakan pengaturan kedaluwarsa e-toll selama mudik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk meniadakan pengaturan masa kedaluwarsa e-toll selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dalam rangka mendukung kelancaran pemudik. 

Uang elektronik atau e-toll menjadi expired karena memiliki durasi perjalanan maksimum yaitu 2 kali dari waktu tempuh normal di ruas jalan tol tersebut. Namun selama lebaran aturan ini ditiadakan. Simak lengkapnya di sini.

4. Kejagung masih telusuri aset 16 tersangka timah

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung masih terus menelusuri aset 16 tersangka perkara tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022, dalam rangka pemulihan kerugian keuangan negara. Simak lengkapnya di sini.


5. Dokter: Ibu hamil perlu ganti posisi duduk maksimal dua jam sekali

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Rumah Sakit Pelni menyatakan ibu hamil perlu mengganti posisi duduk maksimal dua jam sekali agar dapat mengikuti perjalanan mudik dengan nyaman. Simak lengkapnya di sini.
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024