Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Kanada untuk ASEAN Vicky Singmin menyampaikan bahwa Kanada akan berfokus pada pelaksanaan penerapan kemitraan strategis dengan ASEAN, serta mendukung Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik.

Menurut Dubes Singmin di Jakarta, Rabu malam (3/4), penerapan kemitraan strategis tersebut adalah dengan melakukan lebih banyak hal yang telah dilakukan dengan baik serta melakukan ekspansi ke bidang baru.

“Hal ini tentang memberi dampak, serta mengenali di mana kita harus menempatkan sumber daya, dan bagaimana kita harus melakukan sesuatu untuk membuat perbedaan,” kata Dubes Singmin.

Dubes Singmin menuturkan, Kanada memiliki program Beasiswa dan Pertukaran Pendidikan untuk Pembangunan (Scholarships and Education Exchanges for Development/SEED) Kanada-ASEAN.

Dia mengatakan telah berbicara dengan para pelajar yang berpartisipasi dalam program tersebut dan mengatakan bahwa mereka bersemangat untuk ikut serta dalam periode selanjutnya.

Pada tahun 2017, Kanada mengumumkan program beasiswa Kanada-ASEAN SEED untuk memberikan kesempatan bagi siswa dari negara-negara anggota ASEAN untuk melakukan studi atau penelitian jangka pendek di institusi pasca-sekolah menengah Kanada di berbagai bidang.

Selain itu, Dubes Singmin juga menyebutkan Kanada sedang melakukan negosiasi perjanjian perdagangan bebas dengan ASEAN dan menambahkan bahwa hal tersebut adalah salah satu prioritas tertinggi yang dimiliki oleh Kanada.

Baca juga: Dubes Dutton: Kanada siap perkuat kerja sama bilateral dengan RI
Baca juga: Komandan Satgas 150 Pasukan Maritim Gabungan CMF kunjungi Jakarta
Baca juga: DPR dan Parlemen Kanada bahas kesetaraan gender dan energi terbarukan

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024