Dari awal tahun ini, atau sejak Januari sampai dengan saat ini kami melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan ini bisa mencapai 28 ruas jalan.
Bantul (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menyelesaikan pekerjaan pemeliharaan sebanyak 28 ruas jalan sejak awal 2024 hingga menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Dari awal tahun ini, atau sejak Januari sampai dengan saat ini kami melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan ini bisa mencapai 28 ruas jalan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul Aris Suhariyanta di Bantul, Kamis.

Dia mengatakan, pekerjaan pemeliharaan jalan berupa peningkatan kualitas jalan, pengaspalan kembali jalan rusak itu telah mempertimbangkan skala prioritas pada jalan-jalan yang menuju objek wisata.

"Seperti ruas jalan Cino Mati, yang merupakan jalur alternatif menuju wisata Mangunan, Dlingo. Ini kami prioritaskan, kemudian jalur jalur dan ruas jalan provinsi maupun jalan nasional yang menuju ke objek wisata," katanya.

Baca juga: Jasamarga perbaiki Tol Jakarta-Cikampek pastikan kelancaran arus mudik

Dengan telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tersebut, pihaknya memastikan kondisi jalan di wilayah Bantul menghadapi libur panjang Lebaran 2024, terutama ruas jalan yang akan dilalui arus mudik dan wisatawan dalam kondisi mantap.

"Awal tahun 2024, prosentase kemantapan jalan di Bantul sempat menurun, akan tetapi terus kami kejar pengerjaannya terkait pemeliharaan jalan yang kami mulai sejak awal tahun 2024, sehingga saat ini kondisinya mantap," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi targetkan perbaikan jalur mudik tuntas H-10

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan pekerjaan pemeliharaan jalan di beberapa ruas, dan ditargetkan rampung pada  Senin (8/4), sehingga bisa dilalui ketika libur Lebaran 2024.

"Kami perkirakan pada hari  Senin (8/4) atau H-2 akan selesai mengerjakan, jadi pekerjaan pemeliharaan jalan tahap awal akan kami selesaikan di hari Senin, sedangkan Selasa (9/4) persiapan hari raya, kemudian setelah Lebaran, kami mulai lagi pekerjaan jalan," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024