Ruas jalur mudik itu ada dua, jalur jalan nasional itu tanggung jawab pemerintah pusat, sementara kita punya kewajiban melakukan perbaikan di jalur alternatif Kalimalang,
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menargetkan pekerjaan perbaikan jalur pemudik dapat dituntaskan pada H-10 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sebagai pendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pekerjaan perbaikan dimaksud saat ini sudah mulai dilakukan pada Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang yang menjadi jalur alternatif pemudik, khususnya pengendara roda dua dari arah Jakarta menuju timur.

"Ruas jalur mudik itu ada dua, jalur jalan nasional itu tanggung jawab pemerintah pusat, sementara kita punya kewajiban melakukan perbaikan di jalur alternatif Kalimalang," katanya di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan perbaikan jalan dilakukan sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang dari perbatasan wilayah dengan Kota Bekasi hingga Kabupaten Karawang pada titik jalan berlubang hingga yang mengalami kerusakan parah.

"Ada sekitar 10 titik Ruas Jalan Kalimalang yang kondisinya mengalami kerusakan karena itu kita lakukan perbaikan," katanya.

Perbaikan total dengan membongkar beton jalan menggunakan alat berat dilakukan pada titik yang mengalami kerusakan parah sementara pekerjaan tambal sulam di titik kerusakan ringan.

Dani berharap perbaikan jalan ini mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, termasuk saat arus mudik Lebaran sekaligus mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Saya juga berpesan kepada pemudik untuk mempersiapkan perjalanan, pastikan kondisi tubuh dan kendaraan dalam keadaan prima, kalau mengantuk jangan dipaksakan, istirahat di posko-posko mudik yang akan kita siapkan," katanya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln telah mengalokasikan anggaran senilai Rp120 miliar untuk perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang tahun ini, termasuk titik jalan yang akan dilintasi para pemudik.

"Perbaikan ini bertujuan agar para pemudik yang mayoritas mengendarai sepeda motor ini merasa lebih nyaman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi promosi produk olahan ikan lewat Bazar Ramadhan
Baca juga: Budidaya maggot Mangunjaya Bekasi bantu pemerintah atasi sampah
Baca juga: Pemkab Bekasi berikan diskon 20 persen wajib PBB

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024