Bandarlampung (ANTARA) -
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung menyatakan bahwa semua simpul transportasi di wilayahnya telah siap melayani pemudik pada periode angkutan Lebaran 2024.

"Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan pemantauan ke berbagai simpul transportasi dalam rangka pengecekan kesiapan mudik Lebaran 2024, dan semua sudah siap melayani pemudik," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan bahwa dari sisi penyeberangan laut Pelabuhan Bakauheni sebagai titik konsentrasi angkutan mudik sudah menyediakan 61 unit kapal dengan jumlah kapal tambahan eksekutif ada empat unit dan 30 lainnya adalah kapal tambahan reguler.
 
"Dari 61 kapal yang akan dipakai sekitar 30 unit kapal sisanya kapal tambahan jadi kapal masih cukup. Hanya tinggal bagaimana mengatur frekuensi perjalanannya, sehingga dapat ditingkatkan tripnya. Saat ini untuk pelayanan kapal eksekutif sudah berjalan mudah-mudahan bisa melayani dengan maksimal," katanya.
 
Dia menjelaskan untuk Pelabuhan Panjang yang tetap digunakan untuk penyeberangan alternatif pun sudah siap melayani pemudik bila terjadi penumpukan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni.
 
Baca juga: ASDP Merak mudik 2024 operasikan kapal besar 
 
"Kemudian kalau untuk urusan perhubungan udara, tidak ada masalah dan semua sudah siap baik fasilitas di bandar udara ataupun oleh maskapai. Terlebih lagi Bandara Radin Inten terus menambah armada maskapai dan rute seperti kemarin Citilink dan AirAsia sudah masuk," ucap dia.

Ia melanjutkan untuk simpul transportasi perkeretaapian pun telah dinyatakan kesiapannya untuk mengangkut pemudik.
 
"Dari stasiun Tanjung Karang tidak ada masalah, tetap melayani perjalanan menuju Martapura, Baturaja, dan Palembang dan tetap juga kami siapkan angkutan barang," ujar dia.
 
Menurut dia, untuk persiapan fasilitas di terminal dan kesiapan angkutan darat pun telah dilakukan salah satunya dengan melakukan ramp check bagi bus AKAP, AKDP dan bus pariwisata.
 
"Kemarin ada keterangan dari BMKG April ini masih musim hujan tetapi intensitasnya mulai berkurang, jadi dengan kesiapan berbagai simpul transportasi untuk melayani angkutan Lebaran 2024 diharapkan semua berjalan dengan lancar. Kami akan terus mengawasi berbagai simpul transportasi terutama yang krusial sekali adalah penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni," tambahnya.

Baca juga: KPAI sebut peran orang tua penting wujudkan mudik Lebaran ramah anak
Baca juga: Program mudik gratis Pelindo memberangkatkan ribuan pemudik ke 13 kota

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024