Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pemudik yang melintasi Provinsi Lampung dan memilih mudik lebih awal mengatakan bahwa fasilitas penunjang di simpul transportasi cukup nyaman dan memenuhi kebutuhan pemudik.

"Hari ini kami sekeluarga memutuskan untuk melakukan mudik lebih awal untuk mencegah adanya kemacetan, sehingga bisa lebih santai dalam berkendara," ujar salah seorang pemudik asal Bekasi M. Iskhar, di Lampung Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi menuju kampung halaman, tepatnya di daerah Payakumbuh Sumatera Barat, tidak ada kendala yang dihadapi.

"Selama perjalanan 11 jam ini tidak ada kendala. Hanya tadi di kapal harus menunggu 1,5 jam setelah itu lancar dan semua fasilitas penunjang di pelabuhan, jalan tol cukup nyaman bagi pemudik yang berangkat lebih awal seperti kami," katanya.

Baca juga: BPJN Lampung imbau pemudik antisipasi titik rawan macet

Baca juga: Pergerakan pemudik di Terminal Rajabasa meningkat pada H-7


Ia menceritakan selama perjalanan mudik pertama setelah pandemi COVID-19 hadir, banyak fasilitas di simpul transportasi yang dibenahi menjadi lebih baik dari periode mudik di tahun-tahun sebelumnya.

"Banyak yang berubah, dan di benahi jadi lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Harapannya perbaikan tersebut terus dilakukan dan tidak berhenti saat menjelang mudik Lebaran saja tapi bisa di hari-hari biasa," ucapnya.

Tanggapan lain dikatakan oleh salah seorang pengguna transportasi umum, Rusbiyati.

"Sengaja kemarin ambil cuti tambahan untuk pulang lebih awal ke Jambi. Dan ini mudik pertama setelah COVID-19 mereda, saya coba pulang ke kampung pakai bus," ujar Rusbiyati.

Ia mengatakan secara keseluruhan fasilitas dan layanan transportasi umum berupa bus antar provinsi tersebut cukup nyaman dan aman bagi pemudik yang bepergian sendirian.

"Kebetulan pergi sendiri dan bus cukup aman, nyaman juga karena sepertinya sudah dipersiapkan untuk periode mudik ini. Lalu tadi seperti saat naik kapal juga cukup nyaman, sebab memang belum berdesak-desakan karena mudik lebih awal," tambahnya.

Dia mengharapkan dengan adanya persiapan yang baik dan terstruktur dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik pada periode mudik 2023 oleh pemerintah, dapat memberi kenyamanan kepada pemudik dari berbagai daerah.

"Sejauh ini cukup baik, inginnya ini bisa terus dijaga, jadi masyarakat nyaman menggunakan transportasi umum untuk bepergian," kata dia lagi.*

Baca juga: PLN Lampung bentuk enam posko siaga Lebaran di jalur mudik

Baca juga: Bandarlampung siapkan 54 nakes di pos pelayanan mudik Lebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023