Karawang (ANTARA) - Polres Karawang menyiapkan rekayasa lalu lintas dan cara bertindak dalam mengatasi potensi kemacetan yang terjadi di sejumlah titik rawan macet jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Kamis mengatakan bahwa di wilayah hukum itu ada tiga jalur yang dilintasi pemudik, yakni jalur tol, jalur arteri dan jalur alternatif yang dibuka jika jalur arteri padat.

Baca juga: Cegah kemacetan, Polisi siagakan tim sisir mobil mogok di Tol Japek

Di tiga jalur itu, ada empat titik rawan atau potensi kepadatan arus lalu lintas saat mudik lebaran di wilayah Karawang. Di antaranya di KM 48 yang merupakan titik pertemuan arus jalan tol layang MBZ dengan jalur bawah jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kemudian di titik KM 56-67 jalan Tol Jakarta-Cikampek karena terdapat rest area yang mengalami kepadatan saat buka puasa dan menjelang sahur.

Baca juga: Polres Karawang larang kendaraan tonase berat melintasi jalur mudik

Titik rawan macet lainnya ialah berada di jalan arteri Karawang, yakni di Simpang Jomin serta jalan raya Tanjungpura.

Atas kondisi itu, pihak kepolisian dari Polres Karawang akan melakukan sejumlah upaya dalam pengaturan arus lalu lintas hingga menyiagakan personel agar arus mudik lancar.

Baca juga: Kapolres Karawang: Waspadai titik kemacetan di Tol Japek Km 48-62

Kapolres menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas atau cara bertindak dalam mengatasi potensi kemacetan di jalur mudik wilayah Karawang.

Untuk upaya kemacetan di jalur tol akan diterapkan contraflow KM 36 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 72 Jalan Tol Cipali. Upaya itu akan dilakukan oleh Korlantas dan Dirlantas Polda Jawa Barat.

Baca juga: Jalur alternatif Karawang jadi 'senjata pamungkas' atasi kemacetan

Kemudian untuk antisipasi kemacetan di jalur arteri, pihak kepolisian dari Polres Karawang telah melakukan penutupan 79 u-turn atau putaran balik di sepanjang jalan arteri, mulai perbatasan Karawang-Bekasi hingga jalur Pantura perbatasan Karawang-Subang.

Selain itu, kata dia, pihak kepolisian juga menyiagakan tim urai dari Satlantas Polres Karawang yang bertugas melakukan penanganan jika terjadi kepadatan arus lalu lintas. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024