Jakarta (ANTARA) - Lifter andalan Indonesia, Rizky Juniansyah mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 Paris usai meraih emas di ajang IWF World Cup 2024  di Phuket, Thailand.

Dilansir dari laman resmi IWF, Kamis, Rizky Juniansyah yang turun di nomor 73 kg meraih total angkatan 365 kg mengalahkan lifter andalan China, Shi Zhiyong yang memperoleh perak dengan total angkatan 356 kg.

Dalam peraturan Olimpiade, hanya satu atlet senegara yang dapat dikirimkan ke dalam satu nomor lomba angkat besi. Secara sistematis, Rizky mengamankan tiket otomatis ke Paris mewakili Indonesia karena mengalahkan rekan senegaranya, Rahmat Erwin Abdullah yang finish di urutan ketiga dengan total angkatan 355 kg.

"Memang kalau dilihat secara atletnya kita sudah ada empat yang lolos kualifikasi kebetulan di dua nomor yang sama. Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet," ujar Ketua Umum PABSI Rosan Roeslani kepada Antara (26/03).

"Tapi masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade harapannya kita bisa berprestasi secara maksimal di Kualifikasi ini," tambahnya.

Baca juga: Eko Yuli diharapkan raih puncak prestasi di Olimpiade Paris 2024


Dalam ajang kualifikasi terakhir Olimpiade tersebut, lifter berusia 20 tahun tersebut tampil gemilang dengan mencatatkan angkatan snatch 164 Kg, angkatan clean & jerk sebesar 201 kg. Dari segi angkatan, Rizky hanya kalah dari angkatan snatch Shi Zhiyong yang mampu mencatatkan angkatan snatch 165 kg.

Selain Rizky Juniansyah, tim Merah Putih juga berpeluang untuk menambah tiket menuju Olimpiade melalui kontingen angkat besi nomor 67 Kg lewat lifter Mohammad Yasin.

Di ajang kualifikasi tersebut, Yasin berada di peringkat keempat dengan melakukan total angkatan 293 Kg. Selisih total satu angkatan dari lifter Krygistan, Ishimbek Muratbek Uulu yang mencatatkan total 294 Kg dan meraih medal perunggu.

Di nomor 67 kg tersebut, lifter Korea Utara Ri Won Ju memperoleh medali emas dengan mencatat total 333 kg. Sedangkan medali perak diamankan oleh lifter Italia Sergio Massidda dengan total angkatan 317 kg.


Baca juga: PB PABSI kirim seluruh atlet Pelatnas ke IWF World Cup


Baca juga: Rosan Roeslani harap angkat besi mampu gondol emas pertama Olimpiade

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024