Jakarta (ANTARA) - Longsor yang terjadi malam hari di Tol Bocimi KM 64-600 menyita banyak perhatian pembaca pada kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Kamis kemarin (4/4/2024).

Hipotesis para ahli geologi menyatakan hujan deras ditambah sistem drainase yang kurang baik membuat tanah menjadi jenuh dan akhirnya mengalami longsor. Kejadian itu menyebabkan mobil terperosok ke dalam jurang dan beberapa orang mengalami luka ringan.
 
Sementara itu, Kementerian Kesehatan melaporkan setidaknya ada 15 ribu fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk mengantisipasi situasi gawat darurat selama mudik Lebaran di berbagai wilayah Indonesia.
 
Berikut berita-berita terpopuler selengkapnya:
 
1. Longsor di Tol Bocimi KM 64-600 mengakibatkan dua orang terluka
 
Longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tepatnya di KM 64-600 Tol Parungkuda, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu malam, menyebabkan dua orang terluka akibat mobil yang ditumpangi mereka ikut terperosok ke dalam jalan yang longsor.
   
2. Ribuan motor pemudik padati Pelabuhan Ciwandan Banten
 
Ribuan pemudik motor mulai padati Pelabuhan Ciwandan, Banten, yang hendak mudik ke berbagai daerah di Sumatera pada H-6 Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah.
 
Baca informasi detail di sini.

Baca juga: Ribuan motor pemudik padati Pelabuhan Ciwandan Banten
 
3. Pemerintah berupaya selamatkan WNI korban "online scam" dari Myanmar
 
Kementerian Luar Negeri bersama KBRI Yangon dan KBRI Bangkok berupaya menyelamatkan lima warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di bisnis penipuan berbasis daring atau online scam di wilayah Hpalu, Myanmar.
   
4. Kemenkes siapkan 15 ribu lebih faskes guna antisipasi saat mudik
 
Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya mengatakan, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya guna mempersiapkan lebih dari 15 ribu fasilitas kesehatan di 38 provinsi sebagai antisipasi saat terjadi kegawatdaruratan kala mudik Lebaran.
   
5. Legislator ingatkan pemudik pastikan BPJS Kesehatan aktif selama mudik
 
Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto mengatakan kesehatan adalah faktor yang penting dalam mudik, oleh karena itu perlu memastikan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) aktif saat mudik.
   
6. BRIN ungkap penyebab hujan sering muncul di wilayah barat RI
 
Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan mengatakan pertemuan massa uap air dari selatan dan utara ditambah Indian Ocean Dipole (IOD) yang menuju fase negatif menyebabkan hujan sering muncul pada kawasan barat Indonesia.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024