Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen dan pembalap McLaren Oscar Piastri masing-masing finis sebagai yang tercepat pada sesi latihan bebas (FP) pertama dan kedua Grand Prix Jepang yang bergulir di Sirkuit Internasional Suzuka, Jumat.

Pada sesi latihan bebas pertama, Verstappen dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 30,056 detik memimpin di depan rekan satu timnya Sergio Perez dan berada di posisi ketiga adalah pembalap Ferrari Carlos Sainz.

Perez dan Sainz masing-masing terpaut 0,181 detik dan 0,213 detik dari sang pemimpin sesi pertama.

Sesi FP1 GP Jepang turut diwarnai dengan drama, di mana Logan Sargeant (Williams) menabrak pembatas sirkuit dan membuat bendera merah dikibarkan sehingga sesi dihentikan sementara. Meski tabrakan cukup kencang, Sargeant dilaporkan tidak mengalami luka atau cedera.

Sementara itu, daftar 10 besar pada FP1 turut diisi oleh George Russell dan Lewis Hamilton (Mercedes), Charles Leclerc (Ferrari), Fernando Alonso (Aston Martin), Piastri (McLaren), Yuki Tsunoda (RB), dan Lando Norris (McLaren).

Berlanjut ke FP2, Sargeant yang sebelumnya mengalami kecelakaan tidak mengikuti sesi ini karena kerusakan berat pada mobil yang ia kendarai. Tim Williams mengonfirmasi bahwa perbaikan tengah dilakukan dengan cepat demi mengejar sesi FP3 dan kualifikasi pada Sabtu (6/4).

Baca juga: Hamilton isyaratkan Vettel gantikan posisinya di Mercedes pada 2025

Tak berhenti sampai di situ, sesi FP2 turut diwarnai dengan hujan ringan yang membuat trek menjadi basah dan semakin menantang bagi para pembalap.

Piastri mampu mengatasi tantangan tersebut dan finis di posisi pertama pada FP2 dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 34,725 detik. Ia berada di depan dua pembalap Ferrari musim depan, yaitu Hamilton dan Leclerc yang masing-masing memiliki margin 0,501 detik dan 4,035 detik. Sementara posisi lima besar dilengkapi oleh duo pembalap RB Tsunoda dan Daniel Ricciardo.

Juara dunia Verstappen tidak tampil selama sesi FP2, begitu pula Perez. Selain itu, duo Aston Martin Alonso dan Lance Stroll, Pierre Gasly (Alpine) dan Russell juga tidak mengikuti sesi latihan kedua.

Sementara itu, latihan bebas ketiga diadakan pada Sabtu (6/4) pukul 09.30 WIB, diikuti dengan sesi kualifikasi pada pukul 13.00 WIB. Lalu, balapan utama akan bergulir pada Minggu (7/3) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Tsunoda percaya diri hadapi balapan kandang di Suzuka
Baca juga: Statistik Grand Prix Jepang di Suzuka


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024