Denpasar (ANTARA) -
Komandan Resor Militer (Danrem) 163/Wira Satya Brigadir Jenderal TNI Ida Bagus Ketut Surya Wedana mengingatkan prajurit untuk selalu siap siaga selama menjalani cuti Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah/Tahun 2024 Masehi.

Saat memimpin apel pemberangkatan cuti Lebaran Idul Fitri gelombang pertama anggota dan PNS Korem 163/Wira Satya di Lapangan Korem 163/Wira Satya, Jalan PB Sudirman Denpasar, Bali, Jumat, Danrem Ketut Surya mengatakan prajurit yang mendapatkan cuti selama Lebaran tidak serta merta bebas dari dinas sebagai anggota TNI.

Menurut Danrem, cuti Lebaran Idul Fitri bagi prajurit TNI adalah bagian dari dinas, oleh karena itu selalu bersiaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang membutuhkan kehadiran para prajurit.

"Apabila dalam pelaksanaan cuti ada tugas yang penting yang ada hubungannya dengan kedinasan segera menyesuaikan dengan situasi yang berkembang pada setiap waktu," ujarnya.

Baca juga: TNI berangkatkan mudik gratis serentak 5 April 2024

Selain tetap bersiaga, Danrem Ketut Surya mengingatkan prajurit agar sebelum meninggalkan rumah untuk memastikan dalam keadaan aman, arus listrik dimatikan dan selalu mengutamakan keselamatan dalam perjalanan.

Selain itu, kata Ketua Surya, juga harus selalu mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan kendala dalam perjalanan dan mengambil langkah atau cara bertindak yang tepat, sehingga tujuan memanfaatkan cuti kali ini dapat tercapai.

“Selamat jalan bagi yang melaksanakan cuti gelombang pertama, jaga faktor keamanan selamat perjalanan bagi yang melaksanakan perjalanan jauh, jangan sampai giatnya dapat membatalkan puasa dan waktu kembali ditepati," katanya.

Baca juga: Panglima: TNI siap personel dan peralatan dukung arus mudik

Kepada prajurit yang mendapatkan cuti gelombang berikutnya, Danrem meminta agar laksanakan tugas operasi kantor sebagaimana biasanya, dan tetap jaga kesiapsiagaan satuan.

Di tempat yang berbeda, Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Leo Agung Priyo Sembodo mewakili Danrem membagikan bingkisan lebaran kepada lebih dari 100 orang personel.

Menurut Kasrem, penyerahan bingkisan lebaran kepada para anggota merupakan bentuk kepedulian dan perhatian satuan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: KRI Banda Aceh angkut 1.026 pemudik demi tekan risiko kecelakaan

Dia berharap bingkisan yang diterima para prajurit dan PNS Korem 163/Wira Satya nantinya dapat bermanfaat dan mudah-mudahan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya bersama keluarga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang segera akan datang, yaitu hari kemenangan bagi umat Muslim.

"Bagi personel yang akan melaksanakan cuti hari raya Idul Fitri ini, saya berharap agar selalu menjaga faktor keamanan, hindari pelanggaran dan tepati waktu kedatangan," katanya.

Baca juga: Moeldoko minta pemudik manfaatkan kanal informasi dari pemerintah
Baca juga: Wamenaker imbau perusahaan terus fasilitasi mudik gratis untuk pekerja

 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024