... akan mendorong preservasi dan konservasi gedung-gedung tua... "
Jakarta (ANTARA News) - Konsorsium Revitalisasi Kota Tua Jakarta menargetkan dapat membuka 11.400 lapangan kerja baru dalam lima tahun revitalisasi.

Eksekutif puncak Badan Pelaksana Konsorsium, Lin Che Wei, mengatakan hal itu akan dicapai dengan mendorong para partner bisnis untuk memindahkan bisnisnya ke lokasi kawasan Kota Tua.

Selain itu, selama lima tahun atau pada 2018 mendatang, sebanyak 85 gedung ditargetkan akan diperbaiki di atas tanah seluas 73.000 meter persegi.

"Kami akan mendorong preservasi dan konservasi gedung-gedung tua," kata Lin.

Selain itu, keragaman budaya juga akan diangkat selama lima tahun itu antara lain dengan melakukan pagelaran 190 seniman, 30 pagelaran public arts, dan pertunjukan 24 kesenian.

Dengan adanya revitalisasi, Kota Tua ditargetkan dapat menggaet 800 tempat usaha baru, menampung 15.000 penghuni pemukiman baik apartemen maupun rumah susun dan pemukiman warga.

Anggaran revitalisasi Kot Tua sebesar Rp72 triliun akan dialokasikan untuk pengembangan warisan arsitektur, pertunjukan seni dan kebudayaan, pengaturan unit ruang tinggal, dan riset serta advokasi.

"Advokasi penting untuk mendapatkan pengakuan dunia, kita berharap Kota Tua bisa masuk daftar warisan budaya dunia UNESCO," kata Lin.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013