Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dapat menjadi momentum memperkuat toleransi antarumat beragama dan mempererat silaturahim.

"Perayaan Idul Fitri tahun ini bisa menjadi momentum untuk memperkuat toleransi antarumat beragama, serta momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahim dengan keluarga atau teman," kata Bamsoet, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia lantas meminta TNI-Polri turut menjaga keamanan dan ketertiban di titik-titik yang berpotensi ramai agar umat Islam dapat menjalankan ibadah Salat Id dan kegiatan Lebaran lainnya dengan khusyuk.

"Masyarakat lain juga turut tetap dapat menjalankan aktivitas dengan nyaman," ucapnya.

Bamsoet pun meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera menyalurkan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai atau pekerja yang belum mendapatkan THR.

Dengan demikian, lanjut dia, para pekerja dapat menikmati Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan bahagia.

Terakhir dia meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh moda transportasi darat, laut, dan udara yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik memiliki kelaikan jalan yang sesuai peraturan.

"Sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman," kata dia.
Baca juga: Bamsoet minta Korlantas optimalkan personel di titik rawan kepadatan
Baca juga: Ketua MPR minta BNPB siaga penuh peringatan gelombang tinggi di NTT
Baca juga: Ketua MPR siap sosialisasikan empat pilar lewat kanal YouTube

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024