Kebanyakan masyarakat menganggap antibiotik dapat diandalkan untuk semua infeksi, masyarakat kita juara kalau menggunakan antibiotik."
Jakarta (ANTARA News) - Dr Indra Irawan Satari, Spesialis Penyakit Infeksi pada Anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyatakan bahwa tidak semua infeksi dapat disembuhkan dengan meminum antibiotik.

"Kebanyakan masyarakat menganggap antibiotik dapat diandalkan untuk semua infeksi, masyarakat kita juara kalau menggunakan antibiotik," katanya.

Ia menyatakan, antibiotik bukanlah obat multifungsi untuk semua jenis infeksi dan kuman, bahkan dapat menimbulkan penyakit baru jika dikonsumsi tanpa resep dokter.

"Persepsi salah ini harus diluruskan, bahwa infeksi apapun tidak selalu dapat diobati dengan antibiotik," katanya dalam seminar diseminasi hasil studi Global Infection Challenge 2013, di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Selasa.

Tujuan dari studi yang dilakukan oleh Global Hygiene Council ini adalah untuk memperoleh pemahaman tentang kekhawatiran masyarakat tentang risiko penyakit menular serta infeksi di rumah dan di tempat-tempat umum.

Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk menyoroti tingkat penyakit menular dan infeksi, untuk mengidentifikasi langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegahnya. (*)

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013