Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi berharap tim Prawira Harum Bandung bisa menyusul Pelita Jaya Jakarta yang sudah dipastikan lolos ke Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 Putaran 2 yang nantinya diselenggarakan di Jakarta, 23-26 April. 

“Pelita Jaya yang sudah pasti lolos, kita berdoa untuk Prawira Harum Bandung menyusul untuk lolos,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Pelita Jaya dipastikan lolos setelah sukses mengemas dua kemenangan dalam penyisihan Grup B di UG Arena Ulaanbataar Mongolia. Pertama, mereka mengalahkan Hi-Tech Basketball Club yang merupakan wakil Thailand dengan skor 99-81 pada 3 April.

Kemudian di pertandingan kedua, mereka sukses mengemas kemenangan atas Ulaanbataar XAC Broncos dengan keunggulan 89-83.

Pelita Jaya mengunci tiket Kualifikasi BCL Asia 2024 putaran dua dengan status juara Grup B. Lawan Pelita Jaya di Jakarta masih menunggu klasemen akhir Grup B dan Grup A.

Pelita Jaya masih menyisakan satu laga lagi di Kualifikasi BCL Asia 2024 melawan juru kunci Grup B Adroit Club yang merupakan wakil Singapura.

Sedangkan wakil Indonesia lainnya di BCL Asia Prawira Harum Bandung masih berjuang lolos ke putaran dua. Langkah tim tersebut tersendat usai mengalami kekalahan dari Hong Kong Eastern 74-79 di laga kedua Grup A.

Baca juga: Pelita Jaya pastikan tempat di Kualifikasi BCL Asia 2024 Putaran 2

Namun, Prawira masih memiliki kesempatan menyusul Pelita Jaya ke Jakarta dengan menyapu bersih kemenangan di dua laga selanjutnya.

Peserta Kualifikasi BCL Asia 2024 Putaran 2 yang berlangsung di Jakarta terdiri dari empat tim. Mereka adalah juara dari Grup A dan Grup B serta dua tim pemenang dari pertemuan silang peringkat kedua dan ketiga grup.

“Sebagai tuan rumah ronde kedua, sangat menantikan dua wakil kita lolos ronde kedua Kualifikasi BCL Asia dan berharap mengamankan tiket ke BCL Asia 2024,” kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi.

Nirmala mengatakan akan jadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia jika para wakil Indonesia mampu menjaga peluang ke babak utama BCL Asia 2024. Dari babak kualifikasi ini, tersedia dua tiket ke BCL Asia 2024.

Di BCL Asia 2024, dua tim yang lolos dari fase kualifikasi ini akan bersaing dengan wakil Jepang, Korea Selatan, China, Filipina serta wakil terbaik dari Asia Barat Super League. Total delapan tim akan kembali bersaing memperebutkan titel sebagai klub terbaik di Asia.

Baca juga: Prawira kalah 74-79 dari Hong Kong Eastern Basketball 
Baca juga: Sekjen PERBASI harap Prawira dan Pelita menang lagi di BCL Asia 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024