Jakarta (ANTARA) - Phoenix Suns berhasil menahan laju Minnesota Timberwolves untuk mengamankan peringkat satu Wilayah Barat dengan mengalahkannya 97-87 dalam laga di Footprint Center Phoenix Arizona, Sabtu WIB.

Timberwolves memimpin Wilayah Barat bersama dengan Denver Nuggets yang sama-sama memiliki catatan 53 menang dan 24 kalah (53-24), di bawahnya Oklahoma City Thunder membuntuti terpaut satu laga dengan 52-25.

Grayson Allen mencetak 23 poin dan Kevin Durant menambahkan 22 poin untuk Phoenix Suns. Bradley Beal menyumbang 14 poin untuk Suns yang memenangkan empat pertandingan kandang berturut-turut. Devin Booker menyelesaikan laga dengan 13 poin dan 13 assist.

Jusuf Nurkic yang akhirnya diputuskan untuk bermain meskipun mengalami cedera betis kiri, bermain 26 menit dan menyumbang 11 poin, 15 rebound, dan enam assist.

Ini adalah keempat kalinya Suns tidak mencetak 100 poin dalam satu pertandingan, namun ini adalah pertama kalinya dalam pertandingan tersebut mereka menang.

“Ini adalah salah satu permainan dengan komunikasi terbaik kami musim ini,” kata Allen tentang upaya bertahan Suns seperti dikutip dari laman resmi NBA. “Bagus sekali,” kata dia.

Pelatih Timberwolves Chris Finch mengakui anak-anak asuhnya tidak bermain baik dalam laga ini, khususnya dalam hal menyerang.

“Kami mengalami delapan turnover pada kuarter pertama. Kami tidak melakukan umpan mudah ketika ada kesempatan dan ketika kami memiliki peluang di tepi lapangan, kami tidak menyelesaikannya dengan baik. Kerusakan total secara ofensif," katanya.

Baca juga: Mavericks akhiri rentetan kemenangan Warriors

Suns memimpin 32-20 setelah kuarter pertama, 57-41 saat turun minum dan tidak pernah berada dalam situasi bahaya setelah itu. Phoenix Suns dengan rekor 46-31 mempertahankan posisi enam di klasemen Wilayah Barat, membuatnya langsung mendapat tiket babak play-off tanpa harus susah payah bertanding di babak play-in.

Anthony Edwards mengalami kesulitan di lapangan, dia hanya melakukan enam dari 19 tembakan dan menyelesaikan laga dengan 17 poin. Durant memiliki peran besar sebagai penjaga pemain All-Star tersebut.

“Dia tangguh. Dia bergerak begitu mulus dan tanpa susah payah,” kata Durant tentang Edwards. “Kami melakukan pekerjaan yang solid dalam menahan tembakan keras, tidak memberikan kesempatan lemparan bebas," katanya lagi.

Nickell Alexander-Walker menjadi satu-satunya pemain Timberwolves yang mencatatkan double digit dengan 13 poin. Naz Reid yang diandalkan menjadi pengganti Karl-Anthony Towns selama cedera hanya mencatat delapan poin dan melakukan 11 rebound.

Selanjutnya, Timberwolves akan melawan Los Angeles Lakers pada Senin (8/4), dan Suns akan melawan New Orleans Pelicans pada laga kandang pada hari yang sama.

Baca juga: Putra Lebron James masuk dalam draf NBA tahun ini
Baca juga: Warriors pupuskan asa Rockets bertanding di play-in

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024