Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra agar mengatur petugasnya masing-masing dengan baik agar tetap melayani masyarakat
Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol (purn) Andap Budhi Revianto meminta kepada seluruh petugas pelayanan publik agar bersiaga untuk melayani masyarakat saat cuti bersama dan Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Pj Gubernur Sultra Andap saat ditemui di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya telah meminta kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra agar mengatur petugasnya masing-masing dengan baik agar tetap melayani masyarakat.

Baca juga: Layanan kegawatdaruratan Denpasar tetap buka saat cuti bersama Lebaran

"Menyikapi cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1445H, jangan sampai pelayanan publik seperti di rumah sakit dan puskesmas, destinasi wisata, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana daerah, termasuk intens koordinasi ke para pihak terkait seperti TNI-Polri dan PLN," kata Andap Budhi.

Dia menyebutkan bahwa pihaknya juga menginstruksikan kepada kepala OPD untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja masing-masing kantor, serta menjaga lingkungan sosial tempat tinggalnya sebelum berangkat cuti dan libur Hari Raya Idul Fitri.

"Sebelum berangkat cuti agar dicek keamanan lingkungan kerja dengan sterilisasi seluruh ruangan. Pastikan kembali jaringan listrik, air, perangkat elektronik, dan lain sebagainya dalam keadaan clear sehingga insyaallah aman ketika ditinggal cuti," ujarnya.

Baca juga: Ikhtiar PUPR tingkatkan pelayanan publik di bidang infrastruktur

Untuk petugas yang jaga sepanjang cuti bersama ini, Andap meminta kepada mereka untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan rencana serta langkah-langkah kontingensi dalam menghadapi situasi darurat, seperti korsleting listrik dan lain sebagainya.

"Kita tidak berharap itu terjadi, tapi dari awal kita harus memang sudah siap," ucapnya.

Andap Budhi juga mengimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra agar tidak terlambat masuk kantor saat cuti bersama Hari Raya Idul Fitri telah berakhir.

"Absensi hari pertama masuk setelah pelaksanaan cuti, yakni pada hari Selasa (16/04/24) mendatang. Para kepala perangkat daerah agar didata absensi pegawainya nanti, akan saya cek," tegas Andap Budhi.

Baca juga: Ombudsman sidak SPBU di Palu pastikan penjualan BBM sesuai takaran
 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024