Kendari (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf melaksanakan salat tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, saat melakukan kunjungan kerja di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebelum salat tarawih, Ma'ruf Amin terlebih dahulu memberikan tausyiah dan bersilaturahim dengan para jamaah masjid tersebut.

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sultra Komjen Pol (purn) Andap Budhi Revianto di Kendari, Rabu malam, menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Anoa kepada Wapres RI Ma'ruf Amin.

"Selamat datang kepada Bapak Wapres dan Ibu beserta rombongan, kami semua masyarakat Sultra merasa senang dan bangga. Kami juga mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan keterbatasan dalam penyambutan selama Bapak Wapres dan Ibu beserta rombongan berada di Kendari," kata Andap Budhi.

Dia berharap dalam kunjungan kerja tersebut dapat membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat Provinsi Sultra dan menjadi langkah awal dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Bumi Anoa.
 
Suasana di Masjid Raya Al-Kautsar Kendari saat Wapres RI Ma'ruf Amin saat melaksanakan salat tarawih. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

Sementara itu, Wapres RI Ma'ruf Amin saat membawakan tausyiah menyampaikan beberapa esensi dari ibadah puasa, yang seperti dikatakan oleh ulama bahwa orang yang sedang melaksanakan puasa itu tidak kelihatan, dan hal itu berbeda dengan orang yang sedang melaksanakan salat atau membayar zakat.

"Puasa itu melatih kejujuran sehingga berdampak baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Puasa juga melatih manusia menahan nafsu yang berpotensi membawa dampak buruk sehingga harus dikendalikan," sebut Ma'ruf Amin.

Ia berharap dengan kesabaran yang diterapkan selama bulan suci Ramadhan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebab, hidup itu seperti roda, kadang di atas, kadang di bawah," ujarnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan salat tarawih tersebut, turut hadir Ketua DPRD Provinsi Sultra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat I Provinsi Sultra, pimpinan kementerian/lembaga di Sultra, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sultra, tokoh masyarakat, agama, wanita, dan tokoh pemuda, serta para jamaah salat tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar.
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tiba di Kendari
Baca juga: Wapres bertolak ke Kendari hadiri pengukuhan KDEKS ke-25
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan mengukuhkan KDEKS di Kendari

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024