Berdasarkan informasi update dinamika cuaca untuk wilayah Sulawesi Utara, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati terhadap potensi wilayah terdampak hujan lebat
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di tiga kabupaten dan kota di Sulawesi Utara mewaspadai dampak hujan lebat yang berpotensi terjadi.

"BMKG mengeluarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Sulawesi Utara hingga tanggal 7 April 2024," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Sumut hingga 8 April

Wilayah-wilayah yang termasuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat yaitu Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

"Berdasarkan informasi update dinamika cuaca untuk wilayah Sulawesi Utara, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati terhadap potensi wilayah terdampak hujan lebat," ajak Ben.

Dampak hujan lebat ini, kata dia, bisa menyebabkan jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca buruk di Bali pada 6-8 April 2024

Selanjutnya, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat/banjir serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Ben mengatakan, hal-hal bisa dilalukan apabila berada dalam kondisi seperti ini adalah berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah serta memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial.

Masyarakat juga diharapkan mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan, ajaknya.

Baca juga: BMKG: Jumlah titik panas di Kaltim melandai pada akhir pekan

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024