Untuk mudik gratis Pemprov Sumsel menyediakan sebanyak 17 unit bus untuk mudik gratis ini dengan total penumpang 620 orang dan moda transportasi kereta api sebanyak 2.254 orang
Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni melepaskan keberangkatan sebanyak 2.874 warga daerah itu yang menjadi peserta mudik gratis.

"Untuk mudik gratis Pemprov Sumsel menyediakan sebanyak 17 unit bus untuk mudik gratis ini dengan total penumpang 620 orang dan moda transportasi kereta api sebanyak 2.254 orang," kata Fatoni, di Palembang, Sabtu.

Baca juga: Banyak pengunjung Pasar Senen datangi bengkel untuk persiapan mudik

Ia menjelaskan, mudik gratis ini bekerja sama dengan BUMN, BUMD dan swasta. Untuk rute mudik gratis ini provinsi dan luar provinsi, untuk dalam provinsi disediakan 10 bus dan luar provinsi disediakan 7 bus dengan fasilitas alat pendingin (AC) dan nyaman.

"Saya mengingatkan jaga keselamatan, ikuti aturan dan ingat keluarga di kampung menunggu sampai kembali ke Palembang, serta jaga kesehatan agar tetap bisa beraktivitas kembali usai Lebaran," kata Fatoni.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Ari Narsa mengatakan pihaknya sebanyak 17 bus dan empat rangkaian kereta api telah disiapkan untuk mengangkut sebanyak 2.874 orang yang akan melaksanakan mudik gratis Lebaran 2024, dengan rincian 2.254 orang menggunakan moda kereta api dan 620 orang menggunakan bus.

Baca juga: Dokter ingatkan pemudik cukupi konsumsi cairan selama perjalanan

Ia menjelaskan, untuk rute bus mudik gratis dalam Provinsi Sumsel, yaitu Palembang-Lahat-Pagar Alam-Pendopo sebanyak dua bus, Palembang-Lahat-Tebing Tinggi sebanyak dua bus, Palembang-Musi Banyuasin-Lubuklinggau-Musi Rawas Utara sebanyak dua bus, Palembang-Kayu Agung-Belitang-Muara Dua sebanyak satu bus, Palembang - Muara Enim- Baturaja-Martapura-Muara Dua sebanyak tiga bus.

Sedangkan, untuk rute luar provinsi Sumsel, yaitu Palembang - Padang Sidempuan (Sumatera Utara) sebanyak satu bus, Palembang-Kota Medan sebanyak satu bus, Palembang-Bukit Tinggi (Sumatera Barat) sebanyak satu bus, Palembang-Solok-Lubuk basung (Sumatera Barat) sebanyak satu bus, Palembang-Solo (Terminal Tipe A Tirtonadi) sebanyak dua bus, Palembang-Surabaya (Terminal Tipe A Purbaya) sebanyak satu bus.

"Kemudian untuk Kereta Api KA Rajabasa tujuan Palembang - Lampung dan KA Bukit Serelo tujuan Palembang - Lubuklinggau," jelasnya.

Baca juga: Arus mudik - Bandara APT Pranoto tambah empat "extra flight"

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024