Lampung Selatan (ANTARA) - Aktivitas pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Merak, Banten ramai lancar pada malam puncak arus mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Minggu dini hari pukul 00.00 WIB sampai dengan 00.30 WIB, kendaraan roda empat, bus, dan truk logistik yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak terlihat memadati area Pelabuhan Bakauheni.

Suasana kantong parkir di dermaga eksekutif dan reguler juga tampak ramai. Ratusan pemudik dengan kendaraan roda empat memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean naik ke geladak kapal.

Kendaraan pemudik didominasi oleh plat Sumatera. Namun, terlihat juga beberapa plat daerah Jawa seperti B, A, dan D, dan F.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan roda empat di kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler, namun tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan antrean berjalan lancar.

Aris salah satu pemudik dari Bandarlampung mengatakan dirinya bersama keluarga memilih untuk melakukan perjalanan mudik pada malam hari untuk menghindari kemacetan di area pelabuhan.

Baca juga: Petugas Lampung bantu pemudik kehilangan suami di Bakauheni

Baca juga: Kapolda Lampung tinjau pelabuhan Bakauheni pastikan pemudik aman


"Dari Bandarlampung mau ke Pati, Jawa Tengah, sengaja ngambil perjalanan malam ini untuk menghindari kemacetan parah di pelabuhan," katanya.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni, Minggu, mengatakan, berdasarkan data jumlah penumpang kapal yang menggunakan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni mencapai 3.967 unit.

Ia mengatakan pihaknya memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani penumpang pada periode angkutan Lebaran 2024.

PT ASDP juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik Lebaran 2024.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata dia.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023.

Baca juga: ASDP ingin pengoperasian dermaga Indah Kiat solusi antrean di Merak

Baca juga: Pedagang kopi keliling di Merak raup untung selama arus mudik

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024