saat malam takbir dan saat Idul Fitri
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengerahkan 932 personel gabungan dari Satpol PP, kepolisian dan TNI untuk mengamankan kawasan itu selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan, seluruh personel gabungan ini sudah diterjunkan sejak H-7 Lebaran di posko pengamanan yang telah disiapkan Kepolisian.

"Mereka melakukan pengamanan arus mudik dan balik di terminal, saat malam takbir dan saat Idul Fitri," kata Anwar. 

Ke-932 personel gabungan itu terdiri atas 462 personel Polri, 35 TNI dan Satpol PP 435 personel. Jumlah ini belum termasuk dari unsur masyarakat.

Demi menjaga kekhusyukan, kenyamanan dan keamanan, Anwar mengingatkan warganya agar tidak melakukan takbir keliling, konvoi di jalan dan bermain petasan.

Baca juga: Polri, TNI & Pemda sinergi jaga rumah yang ditinggal mudik di Tambora

"Ini akan memicu terjadinya gesekan antarkelompok," ucap Anwar.

Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Burhanudin menambahkan, dalam melakukan pengamanan pihaknya menyiapkan 462 personel dan mendirikan 11 posko terpadu yang disebar ke sejumlah lokasi.

Dia menegaskan, pihaknya bersama jajaran tiga pilar lain, siap mengamankan pelaksanaan proses ibadah Idul Fitri, mulai dari arus mudik hingga pengamanan lokasi wisata di Jakarta Timur.
 
"Kami siap mengamankan pelaksanaan Shalat Idul Fitri, arus mudik dan arus balik maupun tempat keramaian di Jakarta Timur," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Jakarta Timur, Budhy Novian menyebutkan pihaknya mengerahkan 435 personel yang disebar di beberapa ruas jalan untuk pengamanan antisipasi takbir keliling.

Baca juga: Forkopimko Jakut sambangi Ancol - Plumpang pantau keamanan Lebaran

"Titik pengamanan di antaranya di Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan dan Stasiun Jatinegara," ucapnya.

Untuk pengamanan Shalat Idul Fitri, tambah dia, pihaknya menerjunkan personel di 10 masjid besar, antara lain, di Masjid Al Azhar Cakung, At-Tin TMII, Masjid Raya Baitussalam Komplek Billymoon dan sejumlah masjid lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024