Dalam dua hari hari terakhir penumpang yang datang dan pergi di atas 20 ribu. Tertinggi pada Sabtu kemarin yakni pada 6 Maret 2024 dengan jumlah 21 ribu penumpang
Balikpapan (ANTARA) - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami lonjakan signifikan menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan jumlah penumpang rata-rata 20 ribu orang per hari.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Sepinggan, Ahmad Syaugi Syahab, di Balikpapan, Minggu menjelaskan lonjakan penumpang ini sebagai indikator tingginya minat masyarakat untuk pulang kampung menjelang Idul Fitri.

Baca juga: Kapolda: Puncak arus mudik di gerbang Kalikangkung sudah terlewati

“Dalam dua hari hari terakhir penumpang yang datang dan pergi di atas 20 ribu. Tertinggi pada Sabtu kemarin yakni pada 6 Maret 2024 dengan jumlah 21 ribu penumpang,” kata Ahmad.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang terus berlanjut hingga H-1 Lebaran. Beberapa maskapai telah melakukan penerbangan ekstra (extra flight), seperti CitiLink, Lion Air, hingga Garuda Indonesia, untuk mendukung lonjakan tersebut.

Sejak H-7 telah terdapat 36 extra flight, dengan penerbangan terbanyak menuju kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Tarakan.

"Tingginya antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik, didukung dengan pembenahan fasilitas yang telah dilakukan Angkasa Pura," ungkapnya.

Baca juga: Polri sebut situasi Kamtibmas H-3 Idul Fitri berjalan aman

Pembenahan tersebut mencakup peningkatan penerangan di bandara, perluasan area parkir dan renovasi area check-in. Mulai 1 April, area parkir telah ditingkatkan, dan penerangan di area check-in juga telah disempurnakan.

Selain itu, musala juga telah direnovasi untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang ingin melaksanakan ibadah. Fasilitas lainnya seperti toilet telah diperbaharui menjadi standar bintang empat, dan sistem udara pendingin (AC) juga telah ditingkatkan untuk kenyamanan maksimal.

Ia berharap, dengan pembenahan fasilitas dan dukungan penerbangan ekstra, penumpang di Bandara Sepinggan semakin nyama, meskipun menghadapi situasi padatnya orang yang menjalani mudik Lebaran.

Baca juga: Atlet voli Megawati mudik ke Jember disambut Bupati Hendy
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024