Lampung Selatan (ANTARA) - Arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada Minggu malam atau H-3 Lebaran 2024, menuju Pelabuhan Merak Banten terlihat landai.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB, para penumpang terpantau sedikit jumlahnya, baik di area dermaga eksekutif maupun dermaga reguler. Suasana kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni pada malam hari juga tampak seperti hari biasa.

Baca juga: 30.113 penumpang menyeberang dari Lampung ke Jawa pada H-3

Berdasarkan data 12 jam dari posko PT ASDP cabang Bakauheni terhitung sejak pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB telah menyeberangkan sebanyak 30.113 penumpang dengan rincian penumpang pejalan kaki sebanyak 846 orang dan penumpang di dalam kendaraan 29.267 orang. Kemudian untuk jumlah kendaraan baik roda dua, empat, bus, dan truk yang telah menyeberang sebanyak 5.491 kendaraan, dengan rincian roda dua sebanyak 375 unit, roda empat 3.821 unit, Bus 372 dan truk 923 unit.

Oleh karena itu, General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni, Minggu mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Sumatera ke pulau Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal ferry mulai 11 Desember 2023. Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal 5 kilometer sebelum pelabuhan. Yang ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di sekitar Pelabuhan.

Baca juga: Pemudik Lebaran waspadai gelapnya tol Trans Jawa ruas Brebes-Semarang

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024