Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Makmur Marbun meninjau kesiapan fasilitas dan personel pos pengamanan Lebaran 2024.
 
"Kami ingin melihat langsung dan pastikan kesiapan fasilitas dan personel di pos pengamanan agar arus mudik lebaran berjalan lancar," ujar Makmur Marbun di Penajam, Kalimantan Timur, Senin.
 
Pos pengamanan tersebut sebagai pemantau arus mudik maupun balik Lebaran 2024 di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca juga: Polres Batang siagakan tim urai di 11 pos "strong point"
 
Pengecekan pos pengamanan memasuki puncak arus mudik lebaran itu sekaligus untuk memastikan kesiapan anggota yang berjaga di pos tersebut.
 
Pj Bupati meninjau tiga pos pengamanan lebaran, yakni pos pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan Feri, Terminal Penajam, dan pos pengamanan di wilayah Petung.
 
Makmur Marbun berharap petugas dapat menciptakan kondisi pelayanan yang lebih baik dengan menyediakan sarana prasarana yang menyenangkan.
 
"Petugas jaga harus dapat berperan sesuai tugas masing-masing sehingga arus mudik lebaran berjalan lancar tanpa ada hambatan atau kecelakaan dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Polresta Tangerang siapkan sembilan Pos mudik Lebaran 2024
 
Dia juga mengimbau masyarakat yang melakukan mudik melalui Kabupaten Penajam Paser Utara agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.
 
Menurut dia, jalan mulai simpang Silkar sampai wilayah Sepaku, serta Petung kondisinya banyak tikungan dan mulus, sementara untuk jalan di wilayah Waru dan Babulu jalannya lurus mulus.
 
"Pemudik harus berhati-hati, karena di sepanjang jalan masih kurang penerangan jalan umum yang bisa mengakibatkan kecelakaan," ujar Makmur Marbun.

Baca juga: Polres Karawang siapkan puluhan posko pengamanan dan pos gatur mudik
 
Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara bersama kepolisian setempat selain memasang papan peringatan, juga mendirikan pos pantau arus lalu lintas di wilayah rawan kecelakaan.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024