Rangkasbitung (ANTARA) -
 
 
 
 
Stasiun Kereta Api (KA) Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menyediakan kursi roda untuk membantu penyandang disabilitas atau difabel pada mudik Lebaran 2024.
 
"Kita sangat perhatian terhadap pemudik difabel karena merupakan bentuk pelayanan PT Kereta Api Indonesia," kata Kepala Stasiun KA Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Djoko Utomo, di Rangkasbitung, Senin.
 
Ia mengatakan, penumpang difabel tidak perlu khawatir menggunakan jasa angkutan kereta api karena disediakan fasilitas kursi roda.

Baca juga: Daop Surabaya sediakan fasilitas bagi penumpang semasa mudik
 
Penyandang disabilitas akan dibantu petugas untuk naik ke kereta api yang akan mengantarnya ke stasiun tujuan.
 
Selain itu, di atas gerbong Commuter Line juga disediakan tempat duduk khusus bagi difabel.
 
"Kami menyediakan tiga unit kursi roda di pintu masuk stasiun," katanya.
 
Menurut dia, pihaknya juga menyediakan jalur khusus untuk difabel guna memudahkan menuju kereta api tanpa harus terganggu padatnya penumpang.

Baca juga: Petugas Stasiun Tawang kembalikan tas penumpang senilai ratusan juta
 
Selama ini, kata dia, penumpang mudik lebaran cukup padat hingga saling berdesakan. Namun, bagi penyandang disabilitas diberikan pelayanan khusus agar mereka tidak kesulitan naik ke kereta api.
 
"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, termasuk penyediaan fasilitas khusus difabel," katanya.
 
Sementara itu, Rudiman (63) seorang penumpang difabel mengaku bahwa dirinya merasa puas setelah tiba di Stasiun Rangkasbitung langsung disediakan kursi roda dan dibantu petugas yang mengantarnya naik ke kereta api yang telah tersedia di peron satu.

Baca juga: Kapolri sapa sejumlah pemudik saat tinjau Stasiun Pasar Senen
 
"Kami mengapresiasi pelayanan PT KAI yang memperhatikan penumpang penyandang disabilitas dengan menyediakan kursi roda," kata Rudiman.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024