Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo mengatakan diaktifkannya Pelabuhan Panjang untuk melayani pemudik yang datang dari Pelabuhan Ciwandan sangat membantu mengurai kepadatan arus mudik yang menyeberang ke Sumatera.
 
"Kemarin dalam pemantauan di Pelabuhan Merak padat merayap, posisi saat magrib di kilometer 96 atau sudah di pintu tol kendaraan masih antre. Tapi untuk di Pelabuhan Bakauheni masih dalam keadaan terkendali," ujar Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan, dengan aktifnya pelayanan di Pelabuhan Panjang untuk mengangkut pemudik dari Pelabuhan Ciwandan Cilegon selama periode angkutan Lebaran 2024 sangat membantu mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.
 
"Pelabuhan Panjang jadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan dengan menurunkan KM Panorama Nusantara dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang. Setidaknya nanti bisa mengatasi permasalahan yang sekarang sedang terjadi yaitu adanya antrean kendaraan pemudik yang cukup panjang," ucap dia.
 
Dia menjelaskan, jumlah kedatangan pemudik dari Sumatera menuju Jawa dan sebaliknya hampir seimbang, sehingga kepadatan terlihat di dua simpul transportasi yakni di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni dalam beberapa waktu terakhir.
 
"Kalau berdasarkan data memang kemarin sepertinya jadi puncak kedatangan pemudik dari Jawa ke Sumatera, sebab lalu lintasnya cukup tinggi. Sebenarnya jumlah pemudik seimbang antara yang dari sini menuju Jawa. Jadi yang di Bakauheni serta Panjang pun harus siap sedia," ucap dia.
 
Diketahui pada periode mudik Lebaran 2024 ini Pelabuhan Panjang ikut melayani penyeberangan para pemudik melalui dengan KM Panorama Nusantara dari Pelabuhan Ciwandan.
 
Di hari pertama pada Sabtu (7/4) Pelabuhan Panjang melayani 118 orang pemudik, sementara di hari kedua pada Minggu (8/4) sekitar 600 orang pemudik tiba di Pelabuhan Panjang dari Pelabuhan Ciwandan​​​​.

Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung landai pada H-3 malam

Baca juga: 30.113 penumpang menyeberang dari Lampung ke Jawa pada H-3

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024