Kasus Akil Mochtar melukai dan membuat ketidakpercayaan lembaga MK. Perlu waktu bagi masyarakat untuk percaya kembali tentu dengan kredibiltas yang terjadi dan waktu panjang,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Badan Legislatif DPR RI, Anna Muawanah menyatakan, diperlukan waktu panjang bagi masyarakat untuk menumbuhkan kembali kepercayaan kepada MK.

"Kasus Akil Mochtar melukai dan membuat ketidakpercayaan lembaga MK. Perlu waktu bagi masyarakat untuk percaya kembali tentu dengan kredibiltas yang terjadi dan waktu panjang," kata Anna di Jakarta, Kamis.

Ia mengaku sedih dan miris karena pengadilan konstitusi terjadi kericuhan. "Indonesia adalah negara hukum. Siapapun yang melanggar wajib diberikan saksi sesuai hukum," kata dia.

Ditambahkannya, mengurangi kewenangan MK dalam menyelesaikan sengketa Pilkada juga bukan solusi sehingga MK menjadi lebih baik.

"Mengurangi kewenangan MK belum tentu solusi baik dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Di Mahkamah Agung (MA) misalnya, overload penanganan kasus kasasi PK yang jumlahnya ribuan," kata Anna.(*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013