Jayapura (ANTARA) - Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua menyebutkan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu (10/4) akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Papua di Distrik Jayapura Utara.

Ketua Harian PHBI Provinsi Papua Alwi Tianlean di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin dari Pemprov Papua terkait pemanfaatan halaman kantor tersebut dan shalat akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

“Insya Allah pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, untuk itu kepada umat Muslim agar datang lebih awal,” katanya.

Menurut Alwi, shalat Idul Fitri 1445 Hijriah mengangkat tema “Mempersatu Kebersamaan Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

“Yang akan bertindak sebagai khatib yakni Idrus Alhamid sedangkan imamnya Ustaz Ahmad Reza Pahlefi,” ujarnya.

Selain halaman kantor gubernur juga ada ruang terbuka lainnya yang menjadi lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri, seperti lapangan Brimob Kotaraja, Papua Trade Center Entrop dan beberapa masjid besar misalnya Masjid Baiturahim atau Masjid Raya.

“Semua sudah siap sehingga diharapkan dapat berjalan lancar. Kami juga telah melakukan beberapa antisipasi jika pada hari pelaksanaan turun hujan, maka ada tempat cadangan yang bisa dipakai untuk shalat Idul Fitri,” katanya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh umat Muslim di malam takbiran nanti agar terus menjaga keamanan dan ketertiban daerah agar toleransi umat beragama di Bumi Cenderawasih tetap terawat.

“Kami mengimbau seluruh umat Islam pada malam takbiran agar memperhatikan waktu istirahat, dengan begitu tidak mengganggu orang lain,” ujarnya lagi.

Baca juga: Muhammadiyah Bali sudah siapkan lokasi Shalat Ied

Baca juga: Akademisi serukan Green Idul Fitri, tak pakai koran saat Shalat Ied


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024