Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti
Surabaya (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 untuk memfasilitasi pemudik dari Jakarta tujuan Semarang hingga Surabaya.
 
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Marinir Joni Sulistiawan melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin, menjelaskan kegiatan ini untuk membantu pemudik yang tidak kebagian tiket di berbagai moda transportasi umum.
 
"Selain itu untuk membantu mengurangi kemacetan arus mudik di jalan raya serta memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," katanya.
 
Kapal perang jenis Landing Platform Dock itu mengangkut sebanyak 1.026 pemudik serta 276 sepeda motor.

Baca juga: TNI AL siap buat rutin mudik gratis, termasuk buka rute pulau terluar
 
Berangkat dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta pada Jumat (5/4), rutenya singgah di Semarang (Jawa Tengah), sebelum akhirnya tiba di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II Surabaya pada Minggu (7/4). 
 
Danlantamal Joni meyakini dengan program mudik gratis naik kapal perang ini, rute mudik Jakarta - Semarang - Surabaya, akan lebih lancar.
 
"Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti," ujarnya.

Baca juga: KRI Banda Aceh angkut 1.026 pemudik demi tekan risiko kecelakaan
 
Danlantamal Brigjen Joni lebih lanjut menyatakan siap memfasilitasi arus balik menggunakan kapal perang dengan rute Surabaya - Semarang - Jakarta yang dijadwalkan berangkat pada 15 April mendatang.
 
"Bagi warga yang berminat bisa mendaftarkan diri ke Markas Lantamal V Surabaya dan Pangkalan TNI AL atau Lanal Semarang," tuturnya.
 
Sementara itu Vivin, salah seorang peserta mudik gratis naik KRI Banda Aceh, saat turun di Dermaga Koarmada II Surabaya, mengaku perjalanannya yang menempuh waktu selama dua hari melalui jalur laut cukup nyaman.
 
"Saya bawa anak bayi juga terasa nyaman. Terima kasih TNI AL," ucap pemudik tujuan Kediri, Jawa Timur, itu.

Baca juga: TNI berangkatkan mudik gratis serentak 5 April 2024

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024