Jakarta (ANTARA) - Tim peneliti China berhasil mengembangkan jenis serat pintar baru yang dapat memancarkan cahaya dan menghasilkan listrik tanpa harus dicolokkan ke sumber listrik.

Xinhua yang dikutip di Jakarta, Selasa, menyatakan, serat ini mengintegrasikan berbagai fungsi termasuk pengumpulan energi nirkabel, persepsi dan transmisi informasi, dan dapat dibuat menjadi tekstil yang dapat mewujudkan fungsi interaksi manusia-komputer seperti tampilan bercahaya dan kontrol sentuh tanpa cip dan baterai.

Studi yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal ilmiah itu diharapkan dapat mengubah cara manusia berinteraksi dengan lingkungan dan antarmanusia, serta sangat penting bagi penerapan tekstil pintar.

Perangkat pintar yang dapat dipakai telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan memainkan peran penting dalam pemantauan kesehatan, pengobatan jarak jauh (telemedicine), interaksi manusia-komputer, dan sejumlah bidang lainnya.

Dibandingkan dengan komponen semikonduktor tradisional yang kaku atau perangkat film tipis yang fleksibel, tekstil elektronik yang terbuat dari serat pintar lebih mudah bernapas dan lebih lembut.

Namun, pengembangan serat pintar saat ini menggunakan integrasi multimodul kompleks, yang meningkatkan volume, berat, dan kekakuan tekstil.

Sebuah tim peneliti dari Fakultas Ilmu dan Teknik Material Universitas Donghua secara tidak sengaja menemukan bahwa serat memancarkan cahaya dalam medan radio pada sebuah percobaan. Berdasarkan temuan tersebut, tim mengembangkan jenis serat pintar baru yang menggunakan energi elektromagnetik sebagai tenaga penggerak nirkabel.

Jenis serat baru ini ditampilkan dengan bahan baku yang hemat biaya dan teknologi pemrosesan yang matang, kata Yang Weifeng, salah satu anggota tim peneliti. Serat itu dapat mewujudkan tampilan kain, transmisi instruksi nirkabel dan fungsi lainnya tanpa menggunakan cip dan baterai.

Pakaian yang terbuat dari serat baru ini dapat bersifat interaktif dan bercahaya, dan juga dapat mengontrol produk elektronik dari jarak jauh secara nirkabel dengan menghasilkan sinyal unik untuk postur tubuh pengguna yang berbeda, ujar Hou Chengyi, seorang peneliti di Universitas Donghua.

Tim peneliti itu mengatakan bahwa mereka akan mempelajari lebih lanjut bagaimana membuat serat baru ini mengumpulkan energi dari luar angkasa secara lebih efektif untuk mengembangkan lebih banyak fungsi termasuk tampilan, deformasi, dan komputasi. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024