Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok, fluktuasi harga, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pedagang dan pembeli
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Resor (Polres) Malang mengawasi pasokan bahan pokok penting kebutuhan masyarakat menjelang datangnya perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Pimpinan Tim Satgas Pangan Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengecekan langsung ke sejumlah pasar dan pertokoan di wilayah tersebut.

"Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok, fluktuasi harga, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pedagang dan pembeli," kata Gandha.

Gandha menjelaskan, berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan di salah satu pasar acuan yakni Pasar Kepanjen, stok bahan pangan untuk wilayah Kabupaten Malang saat ini berada dalam kondisi aman dan mencukupi hingga usai perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut dia, selain di pasar rakyat, pengecekan juga dilakukan pada sejumlah pertokoan penjual bahan kebutuhan pokok yang ada di wilayah tersebut dan menunjukkan kondisi serupa. Stok bahan pokok seperti beras, minyak dan daging masih mencukupi.

"Pengawasan dan pemantauan juga dilakukan guna menjamin stabilisasi pasokan dan harga pangan di pasaran," katanya.

Berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Kepanjen, stok beras medium ada sebanyak 57.410 kilogram dengan harga Rp12.500 per kilogram, dan untuk beras premium sebanyak 36.255 kilogram dengan harga Rp13.000 per kilogram.

Selain itu, lanjutnya, beras medium dari penggilingan di wilayah Kabupaten Malang dan Bulog Cabang Malang juga tersedia. Komoditas penting tersebut dijual dengan harga Rp10.900 per kilogram atau sesuai dengan besaran yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara untuk komoditas penting lainnya seperti telur ayam ras, tercatat jumlah stok mencapai 618 kilogram yang dijual dengan harga Rp27.500 per kilogram. Harga daging ayam ras dan daging sapi juga menunjukkan stok yang cukup dengan harga stabil.

"Sesuai hasil pengecekan atas stok lima komoditas tersebut, untuk wilayah Kabupaten Malang stok masih aman dan masih mencukupi dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara menambahkan, pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik terkait ketersediaan stok bahan pokok penting di wilayah tersebut.

"Polres Malang memastikan bahwa stok bahan pokok di Kabupaten Malang masih cukup banyak dan terjamin," katanya.

Satgas Pangan Polres Malang juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk distributor dan pedagang, guna memastikan ketersediaan stok bahan pokok menjelang perayaan Idul Fitri dan pascalebaran.

"Kepolisian melalui satgas pangan akan melakukan tindakan tegas sesuai hukum jika ditemukan hal-hal yang mengganggu ketersediaan pangan," katanya.

Baca juga: Satgas Pangan cek pasokan bahan pokok di Kota Malang jelang Ramadhan
Baca juga: Satgas Pangan Polresta Malang Kota pastikan stok beras SPHP aman
Baca juga: Satgas Pangan pastikan pasokan bahan pokok penting di Malang mencukupi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024