Kami berkomitmen akan terus menegakkan hukum serta menangkap pelaku dari KKB.
Timika (ANTARA) - Dua warga sipil di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), Selasa, demikian rilis dari Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz (Satgas ODC).

Pada tanggal 9 April 2024 pukul 14.52 WIT, kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno, KKB menembak dua warga sipil di Kios Jembatan Yesey Mersey, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Korban atas nama Pampang mengalami luka tembak bagian kepala kanan. Korban saat ini dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ilaga," katanya melalui keterangan diterima di Timika.

Menurut Kasatgas, korban kedua bernama Nortinus mengalami luka akibat rekoset peluru di bagian pinggang sebelah kiri. Korban saat ini kondisinya telah stabil setelah mendapatkan perawatan medis di RSUD Ilaga.

"Kami akan terus melakukan penyelidikan intensif dengan mengadakan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait, serta melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan," ujarnya.

Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Ramadhani sangat menyayangkan aksi KKB dengan terus memberikan teror terhadap masyarakat sipil.

"Kami sangat menyayangkan insiden penembakan oleh KKB terhadap warga sipil dan aparat di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak," katanya.

Ditegaskan bahwa tindakan itu sangat tidak dibenarkan. Dalam hal ini, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan upaya penegakan hukum.

"Kami berkomitmen akan terus menegakkan hukum serta menangkap pelaku dari KKB yang telah tega melukai dan mengancam keselamatan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Satgas ODC ungkap rentetan aksi KKB dua minggu terakhir di Yahukimo
Baca juga: Polri tegaskan komitmen menjaga stabilitas Kamtibmas Papua

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024