Gorontalo (ANTARA) - Warga Gorontalo yang berada di kota dan kabupaten di Provinsi Gorontalo mulai memasak berbagai menu makanan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri di daerah itu.

Salah seorang warga di Kabupaten Bone Bolango Efendi H, Selasa, mengatakan ia bersama keluarga besar mulai memasak opor ayam untuk disantap bersama keluarga dan teman pada Idul Fitri, Rabu besok.

"Malam ini kami mulai memasak, semua bahan telah disiapkan sejak pagi hari," ucap dia.

Ia mengungkapkan, opor ayam selalu menjadi pilihan utama ketika perayaan Idul Fitri. Walaupun ada menu lauk lainnya, namun opor selalu dicari oleh anggota keluarganya.

Baca juga: Ratusan mobil hias semarakkan pawai takbir Idul Fitri di Batam

Baca juga: MAS bersama RSUD dr Soetomo dan PMI siagakan nakes saat Shalat Id


"Ini seperti menu wajib, kurang sah jika Lebaran tidak ada opor ayam," kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga Sipatana, Kota Gorontalo, Indra mengatakan memasak ketupat dan burasa (nasi yang dibungkus dengan daun) untuk persiapan menjamu keluarga saat Idul Fitri.

"Cangkang ketupat sudah kami beli di sekitar pasar Sentral, biasanya kami memasak untuk 50 porsi, semua untuk menjamu keluarga yang datang," ucap dia.

Makan bersama dan silaturahim menjadi tradisi masyarakat pada perayaan Idul Fitri setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

"Besok hari kemenangan, dan kita merayakannya," kata Indra.*

Baca juga: Ketua Komisi VIII ajak perbaiki diri di momen Idul Fitri

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim pantau Operasi Ketupat malam Idul Fitri

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024