Surabaya (ANTARA) - Pengelola Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat menyiagakan puluhan tenaga kesehatan guna mendukung kelancaran Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4).

"Untuk kenyamanan jamaah, Masjid Al Akbar menyiapkan tim medis satu dokter dan dua perawat dari RSUD dr Soetomo. PMI Kota Surabaya ada 30 paramedis," kata Juru Bicara MAS Helmy M Noor di Surabaya, Selasa.

Selain itu, poliklinik milik MAS menerjunkan dua dokter, sedangkan tiga ambulans juga disiagakan.

Ia mengatakan Shalat Id dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB dengan dipimpin Imam Besar MAS KH Abdul Hamid Abdullah.

"Guru besar dari Universitas Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Prof. Dr. H. M. Ali Aziz bertindak sebagai khatib. Untuk temanya itu 'Lebaran, Meneguhkan Komitmen Muslim Berwawasan Kebangsaan'," ujarnya.

Pengelola MAS menyiapkan area shalat di lantai satu dan dua, serta halaman masjid tersebut dengan total kapasitas mencapai 40 ribu umat.

Helmy menjelaskan untuk akses menuju lokasi ibadah disiapkan beberapa akses, yakni sisi utara melalui pintu 1, 3, 4, dan 8 untuk jamaah perempuan.

Di sisi timur melalui pintu 12, 13, 14, 16, 17, 18, 19, 32, 33, dan 34, sedangkan sisi selatan melalui pintu nomor 37, 38, dan 39.

Baca juga: Datang sebelum Subuh untuk Shalat Idul Fitri di Istiqlal

Jamaah laki-laki bisa melewati area sisi utara, melalui pintu 5 dan 6.

Selain itu, di sisi timur melalui pintu 23 dan 25, atau bisa melintasi selatan melewati pintu 41, 43, 44, dan pintu lorong wudlu antara pintu 40 dan 41.

"Untuk memudahkan dan sebagai panduan tentang Masjid Al Akbar yang memiliki 45 pintu, jamaah bisa mengakses aplikasi tur virtual 3D Masjid Al Akbar di https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/," katanya.

Ia menyatakan lokasi parkir kendaraan roda dua di sisi utara MAS dengan kapasitas mencapai 1.500 kendaraan.

"Parkir mobil di sisi selatan atau akses masuk dari depan Gedung MUI Jatim dengan kapasitas 100 unit. Khusus sisi area barat masjid untuk parkir undangan atau dengan stiker VIP) dengan kapasitas 100 unit," kata dia.

Jamaah juga bisa memarkirkan kendaraan di beberapa lokasi sekitar MAS, seperti Pasar Rakyat Jambang, Gereja Katolik Sakramen Mahakudus, dan SMP Negeri 22 Surabaya.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca cerah saat Shalat Idul Fitri di wilayah Jabar
Baca juga: Kanwil Kemenag sebut ada 295 titik Shalat Idul Fitri di Bali
Baca juga: Masjid Istiqlal siapkan tempat Shalat Idul Fitri untuk 250 ribu orang

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024