dari pagi ke sini biar tidak terlalu macet
Jakarta (ANTARA) -
Usai shalat Idul Fitri,  warga mulai memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu pagi.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun pada pukul 09.45 WIB sejumlah warga mulai berbondong-bondong ke TPU Pondok Ranggon untuk melakukan ziarah.
 
Bahkan kepadatan kendaraan terjadi sejak di pintu masuk TPU, namun  masih dapat berjalan dan bergantian untuk masuk dan keluar dari  TPU.
 
Salah satu pengunjung Rosid (40) mengatakan dirinya dan keluarganya langsung ke pemakaman orang tua nya usai shalat Id dengan alasan agar tidak terlalu siang.
 
"Tadi setelah  shalat (Id) langsung ke sini, kebetulan rumah tidak terlalu jauh, nanti baru langsung ke rumah saudara-saudara, karena kalau sudah siang mulai ramai dan panas, " katanya.
Warga melakukan ziarah di Situasi di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Rabu (10/4/24). ANTARA/Ilham Kausar


Tidak berbeda jauh dengan Rosid, salah satu peziarah bernama Asri (35) juga mengunjungi makam suaminya bersama anak-anaknya usai shalat  Id.
 
"Sebenarnya sih tidak ingin terlalu terburu-buru ke sini (makam), tapi anak-anak ingin dari pagi ke sini biar tidak terlalu macet, " katanya.
 
Asri yang tinggal di Bambu Apus menjelaskan tradisi ziarah ini memang sudah rutin dilakukan sejak 2017 dan mengaku sudah terbiasa terjadi kepadatan oleh para peziarah.
 
Berbeda dengan Joko (54) ini adalah pertama kalinya dia berkunjung ke TPU Pondok Ranggon saat Lebaran, usai ibunya dimakamkan sebelum bulan puasa.
 
"Saya kira tidak terlalu ramai waktu pagi hari tapi ternyata cukup ramai oleh pengunjung, untung saya bawa motor jadi tidak terlalu macet lah," ucapnya.
Baca juga: Heru ingatkan ASN DKI tak boleh perpanjang libur Lebaran
Baca juga: Heru imbau warga yang berpergian libur Lebaran tetap jaga keselamatan
Baca juga: Sekda DKI bersilaturahmi dengan jemaah yang shalat Id di Balai Kota

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024