Simpang Empat (ANTARA) -
Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengajak masyarakat setempat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah secara sederhana mengingat banyak warga lain saat ini terdampak bencana alam, seperti banjir dan longsor.
 
"Mari budayakan hidup sederhana dan bermewah-mewah," katanya saat melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat di Simpang Empat, Rabu.
 
Ia mengatakan saat ini Sumbar khususnya Pasaman Barat masih berada di tengah-tengah musibah dan bencana alam.
 
"Ada saudara kita yang saat ini kehilangan rumah, kendaraan, serta harta benda lainnya karena musibah banjir yang melanda. Baru-baru ini banjir melanda Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau," katanya.
 
Ia mengimbau warga tetap waspada karena curah hujan saat ini masih tinggi, terutama mereka yang berdomisili di daerah perbukitan dan dekat dengan aliran sungai.

Baca juga: Jemaah Surau Lubuak Landua Pasaman Barat laksanakan shalat Idul Fitri
 
Selain itu, ia mengimbau masyarakat Pasaman Barat merayakan Idul Fitri dengan mawas diri, terutama di tempat wisata saat menikmati libur Lebaran.
 
Pihaknya juga telah membuat surat edaran tentang imbauan pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Fitri sesuai SE Nomor 450/093/Kesra/2024
 
Surat itu telah disampaikan kepada Kemenag, kepala OPD, camat, serta wali nagari agar disosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Ia mengharapkan masyarakat tetap waspada dan mawas diri saat beraktivitas di objek wisata.
 
Ia juga mengharapkan dukungan semua pihak dalam menjalankan program unggulan pemerintah daerah setempat saat ini, di antaranya Maghrib Mengaji, Tahfiz Alquran, dan Berobat Gratis.

Baca juga: Dishub Pasaman Barat ingatkan pemudik waspada longsor di Talamau
Baca juga: Pemkab Pasaman Barat gelar pesta Pantai Sasak selama libur Lebaran
Baca juga: Pemkab Pasaman Barat tetapkan masa tanggap darurat banjir 14 hari

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024