Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Malaysia mengadakan gelar griya (open house) pada hari pertama Idul Fitri 2024 di Wisma Putra (gedung Kedubes Malaysia) di Jakarta, Rabu.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin mengatakan bahwa Kedubes Malaysia mengadakan gelar griya untuk mengobati rasa rindu warga Malaysia yang tidak pulang ke kampung halamannya selama perayaan Idul Fitri.
 
"Di samping itu kita berharap majlis ini akan merapatkan lagi tali silaturahmi persaudaraan di antara kita yang berada di perantauan ini," tambah Dubes Hussin.

Selain itu, Dubes Hussin juga menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri untuk semua warga negara Malaysia di Indonesia dan di Malaysia serta seluruh rakyat Indonesia.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, maaf lahir batin, kepada semua warga Malaysia yang berada di Indonesia dan di tanah air (Malaysia), begitu juga dengan seluruh rakyat Indonesia," ujar Dubes Hussin.

Acara tersebut dimulai dengan melaksanakan solat Idul Fitri dilanjutkan dengan khotbah dengan tema "Merayakan Kejayaan, Meraih Ketaqwaan" dan diakhiri dengan foto bersama di halaman Kedubes Malaysia.
 
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan jamuan hari raya Idul Fitri di Ruang Serba Guna Kedubes Malaysia.
 
Makanan yang ada dalam jamuan hari raya itu dimasak dan dipersiapkan oleh para istri diplomat Malaysia.

Mereka menyiapkan makanan seperti nasi minyak, ayam masak merah, sate ayam, sate daging, rendang ayam serta berbagai macam kue khas lebaran.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Datasonic Teknologi Indonesia Azwan Omar mengatakan bahwa perayaan Idul Fitri tahun ini di Kedubes Malaysia lebih meriah.
 
Saat ditanya apa yang paling dirindukan dari Malaysia, pria yang sudah 17 tahun tinggal di Jakarta itu mengatakan bahwa dia merindukan lemang dan masakan buatan ibunya.
 
Selain itu, seorang warga Malaysia bernama Hakima, biasa dipanggil Ima, mengatakan bahwa dia selalu merasa senang saat merayakan Idul Fitri di Jakarta.
 
Perempuan yang sudah tiga tahun tinggal di Jakarta tersebut mengatakan tidak ada kesulitan berarti dalam beradaptasi di Jakarta.

Baca juga: Umat Islam di Malaysia sambut Idul Fitri pada 10 April 2024
Baca juga: Kebersamaan pekerja migran Indonesia di Malaysia jelang Idul Fitri

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024