Palembang (ANTARA) -
Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menggelar pameran pendidikan "Ayo Kuliah di Malaysia 2024" di Kota Palembang, Sumatera Selatan sebagai bagian dari kolaborasi strategis Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Education Malaysia Global Services (EMGS).
 
Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia untuk Jakarta Cik Zulfadhli Bin Hamzah di Palembang, Senin, menerangkan kegiatan tersebut pameran pertama di Palembang, Indonesia pada 2024 yang telah melibatkan berbagai universitas terbaik di Malaysia.
 
"Kami mempromosikan universitas yang ada di Malaysia kepada Indonesia dengan harapan bisa memberikan peluang anak-anak di Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan, dan kita juga punya program-program yang terakreditasi diperingkat dunia," ujarnya.
 
Ia mengatakan sejumlah universitas di Malaysia juga dinilai memiliki kualitas yang diakui secara internasional dengan secara total lima universitas yang tersedia.

Baca juga: Kemendikbudristek ajak mahasiswa RI kuliah di luar negeri lewat IISMA
 
Senior Manager Marketing Education Malaysia Global Services (EMGS) Cik Megat Ismail menjelaskan alasan menggelar pameran di Kota Palembang karena minat pelajar daerah setempat yang ingin kuliah ke "Negeri Jiran" --sebutan Malaysia tersebut-- termasuk 10 besar terbanyak di Indonesia.
 
"Palembang para pelajarnya cukup banyak minatnya untuk melakukan kuliah di Malaysia dan juga termasuk 10 besar terbanyak dari Indonesia," katanya.
 
Dia juga menargetkan 5.000 pelajar dari Indonesia akan kuliah di Malaysia pada tahun ini.
 
Pihaknya menawarkan lima universitas terbesar di Malaysia kepada pelajar di Kota Palembang.
 
Dalam pameran itu, ia juga memberikan konsultasi bagi para pelajar yang menginginkan jurusan-jurusan pilihan untuk kuliah di Malaysia.
 
"Dengan program S1, S2, hingga S3 dan dengan berbagai beasiswa yang biaya hanya dengan Rp15 juta per semesternya ya optimis minat pelajar Kota Palembang cukup banyak untuk kuliah di Malaysia," katanya.
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024