Semarang (ANTARA News) - Tiga wakil Indonesia asal Djarum Kudus melangkah ke babak final kejuaraan bulu tangkis "Korea Junior Open Championship 2013" di Kota Jeonju, Korea Selatan, Minggu (17/11), setelah mengalahkan lawan-lawannya pada semifinal.

Ketiga wakli PB Djarum Kudus tersebut adalah Rivaldy Rinov (tunggal putra), pasangan Yustiwa Dicky Cahya/Dartagnen Jericho See, dan pasangan Islami Marsheilla Gischa/Putri Rahmadhani Hastiyanti juga melangkah ke final ganda putri kelompok usia 17 tahun.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu, mengatakan, prestasi yang diraih Rivaldy Rinov ini diluar dugaan karena pemain ini tidak masuk dalam daftar unggulan kemudian yang bersangkutan sebenarnya difokuskan ke nomor ganda putra.

Menurut dia, mengingat di nomor tunggal putra kelompok usia 15 tahun tidak ada wakilnya maka Rivaldy akhirnya bermain rangkap di tunggal dan ganda putra.

Pada nomor tunggal putra kelompok usia 15 tahun, Rivaldy Rinov yang tidak diunggulkan akan menghadapi pemain Thailand Nipornram Pacharapol pada partai puncak. Pada babak semifinal, Rivaldy menyingkirkan pemain tuan rumah Lee Sang Min dengan tiga gim 21-17,21-23, dan 22-20, sedangkan pemain Thailand mengalahkan pemain tuan rumah lainnya Na Sung Seung 21-17 21-10.

Pada nomor ganda putra kelompok usia 15 tahun, Rivaldy yang berpasangan dengan Alam Rifky Nur gagal menciptakan "all Indonesian final" karena dikalahkan pasangan tuan rumah Kang Min Hyuk/Kim Won Ho dengan tiga gim 18-21,21-16,dan 5-21.

Kalau pasangan Rivaldy/Alam yang menempati unggulan kedua ini melangkah ke partai puncak akan bertemu rekannya pasangan Yustiwa Dicky Cahya/Dartagnan Jericho See yang melangkah ke partai puncak setelah mengalahkan pasangan tuan rumah lainnya Kim Min Joon/Lee Sang Min dengan dua gim 21-19,21-18.

Partai final ganda putra ini akan saling berhadapan unggulan pertama Yustiwa Dicky Cahya/Dartagnan Jericho See melawan ganda tuan rumah Kang Min Hyuk/Kim Won Ho.

Sementara itu pada nomor ganda putri kelompok usia 17 tahun, unggulan pertama pasangan Islami Marsheilla Gischa/Putri Rahmadhani Hastiyanti melangkah ke final setelah mengalahkan unggulan ketiga Ki Bo Hyun/Mok Hye Min (Korea) dengan tiga gim 16-21,21-18, dan 21-15.

Pada partai puncak mereka akan menghadapi unggulan keempat dari Korea Kim Hye Jeong/Bang Ji Sun yang sebelumnya mengalahkan rekannya yang menempati unggulan kedua Kim Ga Eun/Ji Jung Bin dengan tiga gim 15-21,21-11,21-15. (A020)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013