Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang tetapi tidak mendapatkan kesempatan.
Magelang (ANTARA) - Operasional Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bertambah satu jam selama libur Lebaran 2024.

General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur Jamaludin Mawardi, di Magelang, Kamis, mengatakan dengan penambahan tersebut operasional buka lebih awal 30 menit dan tutup juga mundur 30 menit.

"Jadi lebih tepatnya selama ini wisatawan masuk ke zona 1, halaman candi baru jam 07.00 WIB, selama masa ramai dari tanggal 8-17 April 2024 itu bisa lebih awal setengah jam, tentunya jam 06.30 WIB sudah bisa naik ke halaman candi lalu tutupnya jam 17.30 WIB," katanya pula.

Ia berharap perpanjangan waktu tersebut memberi kelonggaran pada wisatawan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kadang wisatawan datang sudah mepet waktunya dan pintu gerbang parkir sudah harus ditutup.

"Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang tetapi tidak mendapatkan kesempatan," katanya.

Oleh karena itu, katanya lagi, tambah waktu tutup selama 30 menit, mudah-mudahan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi pada wisatawan.

Ia menuturkan kalau kuota naik candi tetap 1.200 per hari, dibagi delapan sesi, mulai jam 08.30 sampai 16.30 WIB.

"Tidak ada tambahan sesi di awal, tetapi karena tetap 1.200 pengunjung naik candi, sesi itu akan kita jalankan normal seperti biasa, delapan sesi mulai 08.30-16.30 WIB," katanya lagi.

Dia berharap para pengunjung yang ingin naik bangunan candi melakukan reservasi melalui online/daring.
Baca juga: Kemenparekraf gelar rangkaian promosi Borobudur guna tarik wisatawan
Baca juga: Candi Borobudur siap menerima peningkatan pengunjung Lebaran 2024

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024