Semua sudah disiapkan sedemikian rupa , jumlah SDM medis, keamanan, hiburan dan sebagainya.
Magelang (ANTARA) - Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah siap menerima peningkatan jumlah pengunjung pada masa libur Lebaran 2024.

General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur Jamaludin Mawardi, di Magelang, Jumat, menyampaikan Borobudur siap menerima pengunjung Lebaran 2024.

"Semua sudah disiapkan sedemikian rupa , jumlah SDM medis, keamanan, hiburan dan sebagainya," katanya pula.

Jumlah pengunjung selama libur Lebaran tahun lalu sekitar 92.000 wisatawan, dan tahun ini ditarget naik sekitar lima persen.

Ia menyampaikan stakeholder dari unsur pemerintah, baik itu dinas, unsur TNI/Polri, pemerintah daerah, dan lingkungan ini yang harus dirangkul untuk menyamakan persepsi bahwa Lebaran tahun ini mudah-mudahan proyeksi pemerintah lonjakan pemudik itu menjadi lonjakan wisatawan juga.

Menurut dia, karena nanti akan banyak dikunjungi wisatawan, maka kesiapan-kesiapan yang dilakukan pertama dari sistem keamanan menjadi penting karena pihaknya tidak ingin destinasi dikunjungi tetapi menjadi destinasi yang tidak aman.

"Aman dalam arti perjalanan mereka dari rumah ke destinasi itu lancar, kemudian selama di destinasi tidak terjadi gangguan-gangguan yang mereka dapatkan, baik itu gangguan sifatnya kejahatan konvensional, pengunjung banyak ada potensi kerawanan terhadap pencopetan, penjambretan, pemalakan ini sudah kami koordinasikan dengan unsur aparat TNI/Polri," katanya lagi.

Ia menuturkan, mereka nanti menyiapkan petugas di titik-titik tertentu untuk membackup keamanan secara penuh. Mulai hari pertama dari pagi sampai layanan operasional ini berakhir.

Kemudian dari sisi kenyamanan tahun ini di Borobudur sedang berlangsung proyek penataan di zona 2 tentu ada bagian-bagian yang nanti akan mempengaruhi akses wisatawan ke area tersebut.

"Namun demikian kami coba lokalisir selama Lebaran ini, area-area proyek yang akan dikerjakan yang tidak banyak diakses oleh pengunjung, sehingga mayoritas pengunjung masih bisa menikmati sebagian besar kawasan yang ada di Borobudur," katanya pula.

Selanjutnya kenyamanan yang lain, Candi Borobudur juga mulai mencoba mengenalkan dan mempermudah proses wisatawan datang ke Borobudur mulai dari pra kunjungan bagaimana mereka tahu informasi, mereka tahu cara membeli tiket, harganya, kemudian ketentuan regulasi yang naik candi dan sebagainya.
Baca juga: PT TWC lakukan kajian lapangan kunjungan pelajar naik Candi Borobudur
Baca juga: InJourney ungkap kesiapan Borobudur dalam menyambut libur Lebaran 2024

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024