Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) lakukan rekayasa lalu lintas “contraflow” kendaraan arah Cikampek untuk mengurai peningkatan volume kendaraan pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Atas diskresi Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol melakukan rekayasa lalu lintas contraflow (mengambil sebagian jalur dari arah sebaliknya), untuk mengurai peningkatan kendaraan arah Cikampek Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Ria menyampaikan bahwa pemberlakuan pengambilan sebagian jalur dari arah sebaliknya atau contraflow diberlakukan sejak pukul 11.10 WIB.

“Rekayasa lalu lintas contraflow tersebut dibuka dari KM 55 sampai dengan KM 65 1 lajur arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 11.10 WIB,” ujar Ria.

PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup untuk membayar tol.

Selain itu dia juga meminta pengendara agar mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Dengan begitu perjalanan masyarakat khususnya arus balik Lebaran dapat berjalan lancar.

“Kemudian selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” jelas Ria.

Baca juga: Petugas terapkan contraflow di KM 47-65 jalan Tol Jakarta-Cikampek

Ria menambahkan bahwa pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi one call center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut berdasarkan data pada H-1 Lebaran 2024 atau Selasa (9/3/2024) jumlah mobil pribadi yang keluar dan masuk Jabodetabek sebanyak 1.3308.366 unit kendaraan.

“Untuk angkutan pribadi, berdasarkan data pada H-1, jumlah kumulatif mobil yang keluar dan masuk Jabodetabek melalui jalan tol Jasamarga tercatat sebanyak kendaraan 1.308.366 dan 6.541.830 orang. Jika dibandingkan dengan tahun 2023, angka tersebut turun sebesar 33,24 persen yakni sebesar 1.959.850 kendaraan dan 9.799.250 orang,” kata kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pengguna jalan tol di jalur contraflow wajib patuhi rambu lalu lintas

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024