Palembang (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Palembang, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan memberikan kesempatan warga binaan pemasyarakatan (WBP) menerima tamu kunjungan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sejak hari pertama Lebaran 2024 hingga beberapa hari ke depan, kami memberikan kesempatan kepada keluarga dan teman-teman narapidana atau WBP bersilaturahim berkunjung ke lapas," kata Kepala Lapas Perempuan Palembang Ike Rahmawati, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, Lapas Perempuan Palembang terus memberikan pelayanan kepada WBP salah satunya layanan kunjungan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dibatasi hanya keluarga inti.

"Kunjungan Lebaran 2024 dirasakan WBP spesial karena keluarga mereka dapat masuk ke Lapas Perempuan untuk bersilaturahim dan temu kangen," ujarnya.

Baca juga: 16 narapidana Lapas Perempuan Palembang terima remisi sakit menahun

Menurut dia, keluarga dan kerabat WBP membawakan berbagai makanan khas Lebaran seperti ketupat serta aneka jenis kue basah dan kering.

Momentum haru pun tampak saat pengunjung berkumpul di bawah tenda lapangan Lapas Perempuan Palembang.

Ia mengatakan jadwal kunjungan diatur berdasarkan kamar tahanan dengan jumlah maksimal 500 orang pada pukul 08.00-15.00 WIB.

Untuk mengatur kunjungan ke lapas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan melarikan diri atau kabur, masuknya barang-barang yang dilarang seperti senjata tajam dan narkoba, dikerahkan 12 petugas pengamanan dan koordinator.

Baca juga: Lapas Perempuan Kelas II A Jakarta fasilitasi kunjungan khusus Lebaran

“Saya turut merasakan momentum haru bertemunya warga binaan Lapas Perempuan Palembang dengan keluarga dan kerabatnya yang berkunjung. Alhamdulillah tahun ini dapat memberikan pelayanan ekstra pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan memberikan kesempatan untuk mereka mendapatkan layanan kunjungan," kata Ike.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan pelayanan kunjungan sejauh ini telah berlangsung tertib, aman, dan terkendali.

Meskipun kegiatan pelayanan kunjungan ke lapas berjalan lancar, petugas diimbau tidak mengendurkan pengawasannya.

"Saya meminta petugas meningkatkan kewaspadaan dan mempercepat pelayanan maupun pemeriksaan kepada pengunjung. Jangan lengah, tetap lakukan pemeriksaan orang dan barang bawaan, jangan sampai barang-barang terlarang sampai masuk ke dalam," ujarnya.

Baca juga: 100 narapidana Lapas Perempuan Pontianak ikuti program khatam Al quran

Ilham juga meminta para pengunjung agar bersabar dan menunggu antrean karena kunjungan Idul Fitri berbeda dari layanan kunjungan hari biasanya.

"Pengunjung diharapkan dapat bekerja sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan negara, lembaga pemasyarakatan khusus anak (LPKA)," katanya.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024