Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan bahwa berbagai destinasi wisata di daerahnya telah siap menerima kunjungan wisatawan pada periode libur Lebaran 2024.
 
"Terkait dengan kesiapan berbagai destinasi wisata di Provinsi Lampung dalam menghadapi periode libur Lebaran, semua sudah siap memberi pelayanan kepada wisatawan," ujar Bobby Irawan di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan pihaknya pun beberapa waktu lalu telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata kabupaten serta kota di Provinsi Lampung untuk mempersiapkan diri menghadapi periode libur Lebaran di daerah masing-masing.
 
"Destinasi wisata yang tersebar di 15 kabupaten dan kota sudah diminta melalui dinas pariwisata setempat untuk bersiap diri dari segi meningkatkan kebersihan destinasi wisata, pelayanan, keamanan, hingga kelengkapan pendukung keselamatan wisatawan di tempat wisata," ucap dia.
 
Dia menjelaskan beragam kesiapan di tempat wisata itu disiapkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan saat berwisata di Lampung.
 
"Semua harus sudah siap agar wisatawan sekali datang ke Lampung ingin kembali lagi," katanya.
 
Menurut dia, selain mempersiapkan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan di periode libur Lebaran pihaknya pun telah menyiapkan posko arus mudik dan arus balik Lebaran yang berguna juga sebagai wadah promosi pariwisata di area rehat Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
 
"Kami membuat posko untuk arus mudik dan balik Lebaran ini di rest area 20 B, tapi ini bentuknya bukan posko biasa tapi semacam kegiatan promosi pariwisata. Sebab disana ada penampilan seni budaya serta bazar," tambahnya.
 
Dia mengharapkan dengan beragam kesiapan yang dilakukan oleh destinasi wisata di Lampung dalam menyambut wisatawan di periode libur Lebaran bisa menjaga kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur.
 
"Pelayanan kepariwisataan akan dilakukan dengan maksimal dengan harapan kunjungan wisatawan di berbagai destinasi wisata di Lampung makin banyak," ucap diai.
 
Diketahui sebelumnya Provinsi Lampung telah dipilih menjadi daerah alternatif prioritas bagi wisatawan di daerah Jabodetabek karena aksesnya yang dekat dari Pulau Jawa.
 
Tak hanya itu Lampung pun menjadi daerah dengan kunjungan wisatawan terbesar ketiga di Sumatera setelah Sumatera Utara dan Sumatera Barat.
 
Untuk jumlah kunjungan wisatawan pada periode Januari-September 2023 di Lampung telah melampaui target, dimana total jumlah kunjungan ada sebanyak 10,28 juta wisatawan dari target 5,5 juta wisatawan.
 
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung pun telah mentargetkan kunjungan wisatawan ke daerahnya mencapai 17 juta orang pada 2024. 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024