Saya bersama keluarga, setiap Lebaran selalu berlibur ke Bali. Kami senang berwisata ke Pantai Sanur.
Denpasar (ANTARA) - Wisatawan domestik dari Bali dan luar Bali memilih Pantai Sanur di Kota Denpasar sebagai salah satu tempat berwisata saat musim libur Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Saya bersama keluarga, setiap Lebaran selalu berlibur ke Bali. Kami senang berwisata ke Pantai Sanur," kata Yanto, salah satu pengunjung di Pantai Sanur, Denpasar, Kamis.

Yanto yang datang dari Surabaya, Jawa Timur ini, menghabiskan liburan selama lima hari di Bali. Selain ke Pantai Sanur, ia juga mengunjungi Tanah Lot, Uluwatu, Kebun Raya Bedugul serta daya tarik wisata lainnya.

Ketika berwisata di Pantai Sanur, Yanto bersama anak dan istrinya menikmati deburan ombak dengan duduk menggelar tikar sembari menikmati kudapan yang telah dibawa.

"Tempat wisata di Bali itu view-nya (pemandangannya) bagus, jaraknya juga dekat-dekat. Penataan di Pantai Sanur ini juga rapi dan bersih," ujarnya lagi.

Pandangan senada disampaikan oleh Hana, salah satu pengunjung yang juga datang dari Surabaya. Hana datang bersama rombongan kerabat dan temannya yang total berjumlah 24 orang.

"Kami seminggu berada di Bali. Kami senang ke Pantai Sanur dan pantai lainnya di Bali karena memang sudah terkenal. Selain ke Sanur, saya dan keluarga juga ke Pantai Kuta, Tanjung Benoa, Kintamani dan sebagainya," ujarnya pula.

Hana mengaku senang berwisata ke Bali, karena selain pemandangannya bagus juga didukung dengan keunikan adat dan budaya Bali. "Di Bali juga banyak wisatawan asing," ujarnya pula.

Lain lagi dengan Siti Aminah. Ia bersama rombongan keluarganya sejumlah 15 orang, sengaja datang dari Kabupaten Klungkung, Bali, untuk berwisata ke Pantai Sanur, karena ingin menikmati suasana pantai yang berbeda. "Kebetulan juga ada keluarga yang datang dari Kalimantan, jadi sekalian saya ajak," katanya lagi.

Tak hanya sekadar duduk-duduk sembari menyantap kudapan sambil menikmati suasana Pantai Sanur, anggota keluarga Siti Aminah juga ada yang bersepeda mengitari keindahan pantai.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Gusti Agung Komang Widnyana dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Desa Adat Sanur dan Intaran tetap berkoordinasi dalam pengelolaan kawasan pantai.

"Kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara memang mengalami peningkatan pada masa libur Lebaran. Kami tetap berusaha membuat pantai menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi," ujarnya.

Wisatawan domestik, kata Agung Widnyana, sejauh ini memang tetap tertarik untuk menikmati wisata alam, khususnya wisata pantai.

Pihaknya juga mengimbau wisatawan yang berwisata, agar tetap menjaga kebersihan pantai karena biaya pemeliharaan di daya tarik wisata juga tinggi untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihannya.

"Yang jelas, kontribusi yang dibayarkan wisatawan itu tentu sebanding dengan fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan," ujar Agung Widnyana.
Baca juga: BKSDA Bali sebut paus sperma kerdil mati di Sanur karena banyak luka
Baca juga: Injourney bersih sampah Pantai Sanur dukung pariwisata berkelanjutan

 
Sejumlah wisatawan domestik yang menikmati keindahan Pantai Sanur di Kota Denpasar, Bali, Kamis (11/4/2024). ANTARA/Ni Luh Rhismawati

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024