Jakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal RI di Sydney, Australia, Vedi Kurnia Buana mengajak semua pihak untuk mengesampingkan perbedaan dan merekatkan persaudaraan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"Di bulan spesial ini, kita lupakan perbedaan-perbedaan. Kita cari kesamaan dan hal-hal positif yang menjadikan kita manusia yang lebih baik," kata Vedi dalam acara halal bihalal dan silaturahmi di Wisma Indonesia pada Rabu seperti dikutip dalam siaran pers Konsulat Jenderal RI di Sydney pada Kamis.

Menurut dia, pesan utama dan terpenting dalam silaturahmi adalah memperkokoh persatuan meski sedang berada di negeri orang.

"Melupakan perbedaan dan fokus mencari persamaan adalah kunci utama untuk memelihara persatuan dan saling menguatkan," katanya.

Dalam acara itu disajikan pula berbagai kuliner khas Nusantara, termasuk rendang dan opor ayam, yang dirindukan warga Indonesia di perantauan, kata siaran pers itu.

Mahasiswa Indonesia di Sydney, Muhammad Atif, mengaku kehadirannya di acara itu seperti berada di tengah keluarga sendiri.

"Interaksi kami sesama undangan sangat nyaman dan menyenangkan," katanya, seperti dikutip dalam siaran pers itu.

Menurut KJRI, acara itu dihadiri sekitar 700 orang, termasuk para mitra kerja KJRI, perwakilan negara sahabat, dan organisasi kemasyarakatan di New South Wales, seperti Australia Indonesia Association (AIA) dan Darul Fatwa Australia.

Baca juga: KJRI dorong kerukunan diaspora dan komunitas Indonesia di Australia
Baca juga: "Indonesia by the Harbour" pamerkan tari dan busana lokal di Sydney

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024