Pembantu presiden nanti harus memiliki semangat baru, kolektif kerja baru, dan nomenklatur kementerian baru, tantangan baru, ....
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebut pentingnya kabinet pemerintahan 2024—2029 diisi oleh figur yang kompeten, berintegritas, dan memiliki loyalitas, baik yang memiliki latar belakang profesional maupun dari partai politik.

"Para pembantu presiden nanti harus mampu bekerja 1 x 24 jam selama 365 hari dalam 5 tahun sepanjang 2024—2029," kata Bamsoet dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Bamsoet menjelaskan bahwa anggota kabinet pemerintahan mendatang harus bisa mengawal dan mengeksekusi kebijakan presiden terpilih dengan baik.

Selain itu, dia mendukung rencana pemisahan beberapa kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Pembantu presiden nanti harus memiliki semangat baru, kolektif kerja baru, dan nomenklatur kementerian baru, tantangan baru, tetapi tetap dibalut dengan kedalaman strategis kombinatif, penerus kebijakan Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin hari ini," ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa saat ini dunia menghadapi tantangan akibat perang dan bencana alam yang bisa memengaruhi kondusivitas dalam negeri.

Oleh sebab itu, Bamsoet mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu demi bangsa dan negara.

"Apalagi, kita saat ini berada di tengah ancaman depresi ekonomi dunia yang pasti akan memengaruhi situasi pertahanan dan keamanan Indonesia. Terbukti setiap kegaduhan politik berkepanjangan cenderung lebih banyak akan memperburuk stabilitas ekonomi dan sosial Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Bamsoet dorong partai politik rekonsiliasi dalam pemerintahan ke depan
Baca juga: Bamsoet: Indonesia butuh demokrasi gotong royong

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024