Jakarta (ANTARA) - Ratusan WNI menghadiri pelaksanaan Idulfitri 1445 H dan halal bihalal yang diadakan oleh KBRI Bukares untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir di Wisma Duta RI di Bukares, Rumania, Rabu (10/4).

Menurut keterangan tertulis KBRI Bukares yang diterima di Jakarta, Jumat, Dubes Indonesia untuk Rumania Meidyatama Suryodiningrat mengatakan bahwa pelaksanaan Idulfitri sangat berarti karena tidak ada perwakilan asing lain di Bukares yang mengadakan acara tersebut.

“… bahkan merupakan yang pertama kali dalam setengah dekade terakhir diadakan oleh KBRI Bukares,” kata Dubes Meidyatama.

Acara tersebut menjadi momentum untuk masyarakat Indonesia yang hadir dari berbagai kota, seperti kota Cluj dan Timiosara yang berjarak lebih dari 450 km dari Bukares, untuk beribadah dan bersilaturahmi dalam peringatan Idulfitri.

“Saya bersyukur salat Idulfitri diikuti juga oleh Duta Besar Malaysia Sirajuzzaman bin Tengku Mohamed Ariffin. Bahkan hadir pula warga negara Muslim dari Rumania, Pakistan, Bangladesh dan Turki,” ujarnya.

Para WNI mengantri mengambil hidangan yang disediakan dalam acara halal bihalal yang diadakan oleh KBRI Bukares dalam peringatan Idulfitri 1445 H, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/HO-KBRI Bukares)
Setelah pelaksanaan salat Idulfitri, masyarakat Indonesia dari berbagai agama berpartisipasi dalam acara halal bihalal untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan.

Dalam halal bihalal tersebut, disajikan juga makanan khas Indonesia seperti lontong, opor ayam, sayur lodeh, semur daging, sambal terasi dan lainnya, sebagai obat rindu bagi masyarakat Indonesia yang jauh dari Tanah Air.

“… Idul Fitri bukan saja hari raya bagi kaum Muslim tapi telah menjadi hari guyub nasional yang memperkuat persaudaraan kita. Hal ini sangat bernilai bagi warga Indonesia yang jauh dari Tanah Air,” kata Dubes Meidyatama.

Baca juga: Konjen RI Jeddah: Halal Bihalal jaga silaturahmi WNI

Baca juga: Rayakan Idul Fitri, Konjen RI di Sydney serukan persaudaraan


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024