Rio de Janeiro, Brasil (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Brasil menyatakan memiliki kepercayaan penuh kepada penyerang mudanya, Neymar da Silva Santos Junior, yang kerap disapa Neymar dan mengatakan tidak akan mengalami kegagalan di Piala Dunia tahun depan bagi timnya selaku tuan rumah.

Luiz Felipe Scolari menyatakan keyakinannya kepada Neymar untuk membuktikan diri mampu setara dengan pemain terbaik dunia.

Penyerang 21 tahun tersebut pindah dari klub Brasil, Santos, ke Barcelona musim panas ini dan menjadi pusat perhatian di La Liga Spanyol dengan mencetak empat gol dalam 11 penampilan untuk Blaugrana, julukan Barcelona.

Rekornya di tingkat internasional lebih mengesankan dengan mencetak 27 gol dalam 44 penampilan bagi Selecao dan itu adalah penampilannya dimasa kepelatihan Scolari hingga pelatihnya tersebut memberinya banyak pujian.

Jose Mourinho, pelatih Chelsea, baru-baru ini menyebut bintang Barcelona itu dengan istilah "menyedihkan" setelah diusir Scott Brown selaku wasit dalam pertandingan di ajang Liga Champions melawan klub Skotlandia, Celtic. Sebutan itu mendorong mantan pelatih Chelsea sebelumnya, Scolari, membela penyerangnya tersebut.

"Mungkin dia (Jose Mourinho) mengetahui jika Neymar yang sekarang sudah di tingkat yang sama dengan Cristiano dan Messi dan benar-benar mampu mengalahkan timnya," kata Scolari kepada Guardian dilansir dari Goal (17/11).

Neymar dan rekan satu timnya baru saja memamerkan kemampuan mengolah bola pada akhir pekan lalu dengan melumat Honduras 5-0 dalam lanjutkan persiapan Piala Dunia musim panas mendatang di Brasil.

Scolari memahami bahwa ada tekanan tersendiri yang memberatkan timnya karena Piala Dunia mendatang mereka bertindak sebagai tuan rumah, tapi pelatih berusia 65 tahun tersebut yakin timnya dapat memuaskan para pendukungnya.

"Para pemain tahu mereka harus memenangkan Piala Dunia," kata Scolari yang juga mantan pelatih Chelsea.

"Jika kita tidak cukup baik kita akan kehilangan tetapi jika kita bekerja keras seperti yang telah kita lakukan dalam beberapa bulan terakhir, saya bisa melihat kami adalah kandidat juara," kata Scolari.

Pelatih tim nasional Brasil juga menyadari bahwa ada sejumlah tim kuat pada Piala Dunia 2014, sementara hanya ada satu tim yang akan menjadi pemenang di Piala Dunia.

"Sebagai juara Eropa dan dunia saat ini Spanyol harus dianggap yang terbaik di dunia," kata Scolari.

"Saya juga terkesan oleh Jerman dan Argentina. Ini semua terbuka untuk Piala Dunia," tambah pelatih yang dijuluki Big Phil ini.

Brasil telah menunjukkan bahwa mereka adalah tim yang mampu mengalahkan tim terbaik di Dunia. Pada Piala Konfederasi 2013 Brasil sukses tundukan pasukan Vicente del Bosque di final dengan skor telak 3-0, demikian mengutip goal.com.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013